• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pendidikan

Mahasiswa Kebidanan Unusa Lakukan Pemijatan Puluhan Anak dan Bayi

Mahasiswa Kebidanan Unusa Lakukan Pemijatan Puluhan Anak dan Bayi
Mahasiswa Kebidanan Unusa saat lakukan pemijatan bayi. (Foto: NOJ/Humas Unusa)
Mahasiswa Kebidanan Unusa saat lakukan pemijatan bayi. (Foto: NOJ/Humas Unusa)

Surabaya, NU Online Jatim
Kaprodi D-3 Kebidanan Unusa,  Fitria Dwi Anggraini, SST., M.Kes. mengatakan, bagi setiap wanita, kehamilan menjadi suatu momen yang dinanti-nantikan setelah melewati jenjang pernikahan.


“Saat kehamilan tiba, para calon ibu perlu mempersiapkan segala hal dengan sangat matang supaya sang ibu maupun janin yang di kandungnya tetap sehat dan selamat,” katanya, Rabu (30/06/2022).


Menurutnya, banyak usaha serta program yang dapat para calon ibu lakukan demi memperoleh masa kehamilan serta proses melahirkan yang optimal.


“Salah satu program yang cukup penting namun sering kali dianggap sepele dan diabaikan adalah senam ibu hamil," ujarnya.


Fitria menambahkan, saat hamil rahim wanita membesar sedemikian rupa sehingga tubuh harus beradaptasi. Selain untuk mengurangi efek samping yang ada, senam ibu hamil juga dapat memberikan banyak manfaat seperti meredakan nyeri dan sakit yang dirasakan di masa kehamilan.


“Bisa juga mengencangkan otot, memperkuat jantung dan paru, membuat tidur lebih nyenyak, serta dapat mempermudah proses kelahiran,” terangnya.


Dirinya menegaskan, manfaat melakukan senam hamil adalah memperoleh relaksasi yang sempurna. Relaksasi yang sempurna diperlukan selama kehamilan dan persalinan, selain mengurangi gangguan psikologis baik kecemasan dan stress yang timbul dari dalam maupun dari luar, juga mengatasi nyeri serta dapat mempengaruhi relaksasi segmen bawah uterus yang mempunyai peran penting dalam persalinan yang fisiologis.


“Senam hamil bermanfaat untuk mempertahankan dan mengoptimalkan keseimbangan fisik, memelihara kesehatan kehamilan, serta mempermudah proses persalinan," ungkapnya.


Selain periksan kehamilan dan senam yoga hamil, puluhan anak dan bayi juga menerima pemijatan yang dilakukan oleh para mahasiswa. Pemijatan dilakukan untuk menstimulus perkembangan dan pertumbuhan anak dan bayi.


“Dalam kegiatan ulang tahun IBI, Unusa juga memberikan kemudahan dan potongan uang DPP bagi lulusan SMA/MA/SMK yang melakukan pendaftaran Prodi Kebidanan, potongan DPP hingga 70%,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru