• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Pendidikan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unisma Panen Prestasi di Ajang PKM 2021

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unisma Panen Prestasi di Ajang PKM 2021
Tim PKM Prodi Pendidikan Matematika Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Tim PKM Prodi Pendidikan Matematika Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Kemampuan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang (Unisma) dalam melakukan penelitian tidak perlu diragukan lagi. Setidaknya tujuh tim telah membuktikan prestasinya di ajang nasional bergensi, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak tujuh tim yang terdiri dari tiga tim PKM Artikel Ilmiah (PKM AI) dan empat tim PKM Riset Sosial Humaniora (PKM RSH) berhasil memperoleh pendanaan sebesar 40 juta dari Kemendikbutristek

 

“Dasar penelitian telah mulai dikenalkan pada mahasiswa sejak di semester 1. Selain program dari universitas, kami juga menyediakan program khusus bagi mahasiswa yang memiliki passion dalam penelitian melalui Program Penguatan Karakter Ilmiah (PPKI). Selama pandemi, program ini masih terus berjalan meskipun sebatas daring,” ujar Alifiani, Ketua Prodi Pendidikan Matematika.

 

Hal senada diungkapkan oleh Oryza Lisativani Fatimah, mahasiswa Pendidikan Matematika yang lolos dalam dua proposal sekaligus.

 

“Pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Matematika benar-benar efektif, dua proposal saya lolos didanai berkat bimbingan dari dosen-dosen profesional,” ujar Oryza yang masih menduduki studi semester 2.

 

Selain Oryza, enam mahasiswa lainnya juga mampu menunjukkan prestasi gemilangnya di ajang ini. Mereka adalah Bhara Ilana, Novelia Fransiska, Nur Nabilah Syahrur Rohmah, Vigati Ayuning Tiyas, Putri Lailatul Fitriyah, serta Uswatun Khasannah.

 

“Ini kedua kalinya saya mengikuti PKM, tahun lalu juga ikut tapi belum lolos. Berkat semangat dan bimbingan dosen, di sini saya didorong untuk menyempurnakan penelitian saya. Alhamdulilah tahun ini lolos,” ujar Bhara, mahasiswa semester 6.


Pendidikan Terbaru