• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pendidikan

Mengenal Fachriez, Mahasiswa FH Unisma Jadi Kangmas Kota Batu 2022

Mengenal Fachriez, Mahasiswa FH Unisma Jadi Kangmas Kota Batu 2022
Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, MSi bersama Moch Fachriez Fazadana, Mahasiswa FH Unisma Kangmas Kota Batu 2022. (Foto: NOJ/Humas Unisma)
Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, MSi bersama Moch Fachriez Fazadana, Mahasiswa FH Unisma Kangmas Kota Batu 2022. (Foto: NOJ/Humas Unisma)

Malang, NU Online Jatim
Moch Fachriez Fazadana, Mahasiswa Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Malang (Unisma) baru saja dinobatkan sebagai Kangmas Kota Batu tahun 2022. Ajang penobatan itu berlangsung dalam malam Grand Final Kangmas Nimas yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu di Hall Singhasari Resort Batu, Ahad (12/06/2022).


Mahasiswa yang akrab disapa Fachriez ini mengaku masih gemetar kerap kali mengingat momen pemasangan selempangnya di malam itu. “Momen yang paling mengesankan tetap waktu penyelempangan. Karena tiga hari setelah penyelempangan, kaki saya masih gemetar, masih terbayang-bayang memori itu,” ujarnya, Sabtu (18/6/2022).


Menurut Fachriez, perjalannya meraih runner up Duta Pariwisata ini amat panjang dan berkesan. Meski secara formal waktu persiapan hingga penobatan memakan waktu selama empat bulan, namun rupanya ia sudah lama berproses jauh sebelum itu.


“Di tahun 2018, saat SMA saya sempat mendaftar Kangmas Nimas, tapi hanya hadir sampai Technical Meeeting (TM) 1 saja. Setelah itu saya berbenah diri karena beranggapan bahwa diri saya belum siap. Kemudian ada kesempatan untuk mengikuti di tahun 2022 dan alhamdulillah diberi rejeki ini,’’ jelas mahasiswa angkatan tahun 2019 ini.


Fachriez terus belajar hingga meraih Juara II Duta Osis Nusantara Kota Batu Tahun 2018, kemudian menyabet Juara Favorit Duta Budaya dan Museum Kota Malang Tahun 2020, serta meraih Juara Favorit Duta Kampus Unisma di tahun yang sama.


“Motivasi saya mengikuti berbagai ajang adalah untuk mengembangkan diri dan mengasah potensi. Saya juga ingin menebar manfaat ke banyak kalangan, utamanya kepada para pemuda,” ungkap pria asal Bumiaji ini.


Sebelumnya, seluruh Finalis Kangmas Nimas telah menjalani rangkaian seleksi dan karantina. Dari 130 pendaftar, hanya terpilih 10 Kangmas dan 10 Nimas dengan lima kategori pemenang. Yakni Kangmas Nimas, Wakil 1, Wakil 2, Gelar Atribut, serta Kangmas Nimas Berbakat.


“Kami ajarkan banyak hal, apalagi selama dua bulan berturut-turut dilatih public speaking, menari, sampai PR tentang pengetahuan Kota Batu,” pungkasnya.


Sementara Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, MSi memberikan apresiasi positif akan pencapaian Fachriez tersebut, pasti telah melewati proses seleksi yang sangat ketat. Baik intelektualitas, moralitas keterampilan, sosial, manajerial bahkan networking dan sebagainya.


“Ini jadi kebanggaan karena membawa nama baik Unisma di Kota Batu,’’ ujarnya.


Dijelaskannya, berbagi program digaungkan untuk mewadahi potensi para mahasiswa. Selain Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), ada pula rumah kreativitas mahasiswa, rumah budaya dan peradaban, kelas profesional, kelas branding, enterpreneur generasi emas sampai one pesantren one produk akademi Unisma.


‘’Termasuk even nasional yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek maupun Kemenag yang selalu diikuti mahasiswa. Kami memberikan keleluasaan pada mereka untuk berkiprah dan sekaligus mengambil peluang di luar kampus, termasuk ajang Duta Pariwisata ini,’’ jelasnya.


Sebab itu, ia berpesan agar Fachriez mampu terus mengembangkan diri, salah satunya melalui tulisan yang menarik bahkan jika sampai dimuat di media massa. Jadi bukan sekadar performance sebagai Duta Pariwisata saja, tapi intelektualitasnya tetap jalan agar anak-anak muda lainnya juga terinspirasi.


Pendidikan Terbaru