• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Pendidikan

Ratusan Wisudawan FH Unisma Miliki Pengaruh Besar di Masyarakat

Ratusan Wisudawan FH Unisma Miliki Pengaruh Besar di Masyarakat
Malam pelepasan wisudawan FH Unisma periode 67 tahun akademik 2021/2022. (Foto: NOJ/Times Indonesia)
Malam pelepasan wisudawan FH Unisma periode 67 tahun akademik 2021/2022. (Foto: NOJ/Times Indonesia)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Malang (Unisma) melepas 100 mahasiswa calon wisudawan mengikuti prosesi pelepasan di Hotel Santika Premiere Kota Malang, Sabtu (14/05/2022) malam. Mereka akan mengikuti resepsi wisuda Periode ke-67 tahun akademik 2021/2022 yang bertempat di Gedung Bundar Unisma, Ahad (15/05/2022).


Wakil Rektor 4 Bidang Kelembagaan, Publikasi, dan Teknologi Informasi Unisma, Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P hadir mewakili Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi. Dalam sambutannya, Isti menyampaikan bahwa lulusan Unisma khususnya FH harus adaptif, komunikatif dan memiliki daya critical thinking. Lulusan didorong memiliki manfaat besar kepada masyarakat.


"Perjuangkan hukum di masyarakat, persoalan hukum di masyarakat masih beragam. Hukum jangan tumpul ke atas, tajam ke bawah. Ini yang harus kita cermati, peran adik-adik akan memberikan manfaat yang baik kepada masyarakat," ujarnya.


Perempuan berkacamata ini juga membeberkan pencapaian Unisma yang berada di peringkat 44 perguruan tinggi terbaik dari 4.593 PTN PTS di Indonesia.


"Unisma ini kampus unggul, maka tidak salah pilih adik-adik apalagi di FH. FH ini inspiring faculty karena pertama kali yang memperoleh akreditasi A di lingkungan Unisma adalah Program Studi Ilmu Hukum," jelasnya.


Mengutip statement Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi, Isti menerangkan bahwa alumni merupakan the real asset dan the real power. Alumni sepulang dari Unisma jika ingin meneruskan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yakni magister, disarankan ambil magister di Unisma.


"Ada magister ilmu hukum dan kenotariatan, khusus fresh graduate lulusan Unisma, masuk langsung diberi potongan SPP 25 persen selama 4 semester. Perlu Anda ketahui, peminat FH ini sangat luar biasa," terangnya.


Sementara itu, Dekan FH Unisma, Dr H Suratman SH MHum dengan bangga mengutarakan FH Unisma sudah dua periode mendapatkan peringkat unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).


"Bulan Juni tahun ini, FH akan kami antarkan mengikuti akreditasi internasional. Saya mohon do’a restu mudah-mudahan keinginan kami untuk meningkatkan mutu FH selalu mendapat Ridho Allah SWT," katanya.


Menurut Suratman, FH Unisma telah menjalin hubungan kerjasama internasional. Ada beberapa mahasiswa yang mengikuti credit transfer dengan Moskow Rusia. "Ini adalah lompatan-lompatan yang kami lakukan sesuai arahan Bapak Rektor Unisma," paparnya.


Dirinya menjelaskan, kerja sama dengan lembaga nasional dan internasional bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mendapatkan ruang belajar di dalam kampus saja. Mahasiswa bisa praktek magang yang juga diakui dan bisa dikonversi 20 SKS.


"Malam ini saudara saya lepas, bukan berarti setelah dilepas putus. Silaturahmi tetap kita lakukan, saya terbuka, jangan memutus tali silaturahmi dan jaga nama baik FH Unisma," jelasnya.


“Lulusan FH Unisma diyakini memiliki karakter atau moral yang islami, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, toleransi, berdaya saing dan mampu membawa perubahan bagi masyarakat,” imbuhnya.


Untuk diketahui, pada periode ini FH Unisma mempunyai tiga lulusan terbaik. Diantaranya Asih Puspaning Winahyu studi 7 semester dengan IPK 3,99. Niken Cindy Esya Wardani dan Ulfah Fauziah studi 7 semester dengan IPK 3,97.


Pendidikan Terbaru