• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pendidikan

FEB Unisma Edukasi Pendampingan KUR Syariah ke UMKM Kedungkandang

FEB Unisma Edukasi Pendampingan KUR Syariah ke UMKM Kedungkandang
Tim pengabdian masyarakat FEB Unisma memberikan pendampingan Pengajuan Pembiayaan KUR Syariah di Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang. (Foto: NOJ/Times Indonesia)
Tim pengabdian masyarakat FEB Unisma memberikan pendampingan Pengajuan Pembiayaan KUR Syariah di Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang. (Foto: NOJ/Times Indonesia)

Malang, NU Online Jatim
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang yang bekerja sebagai wirausahawan dan buruh pabrik. Masyarakat yang tergabung kelompok UMKM dalam mengelola usaha masih tergolong sederhana, yaitu mengandalkan modal sendiri sehingga mengalami keterbatasan modal.


Tim pengabdian masyarakat FEB Unisma yang diketuai oleh Abdullah Syakur Novianto, SE., MM. serta anggota yang terdiri dari Nanik Wahyuningtiyas (dosen), Tanzil Ilham (mahasiswa) dan Ike Nurmaya Devina (mahasiswa) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mendampingi UMKM dalam rangka pengajuan pembiayaan KUR syariah.


Kegiatan pengabdian masyarakat ini difokuskan pada edukasi dan pendampingan pengajuan pembiayaan KUR Syariah. Adanya keterbatasan permodalan dan minimnya informasi mengenai pembiayaan dengan konsep syariah yang kemudian menjadi permasalahan UMKM di Kelurahan Kedungkandang untuk meningkatkan omsetnya.


“Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, Kami dari FEB Unisma berharap UMKM di Kelurahan Kedungkandang mengerti tentang konsep keuangan syariah serta dapat memahami dan mengajukan pembiayaan KUR syariah,” ujar Syakur disela pemaparan materinya.


Kegiatan yang dilaksanakan pada (11-18/02/2022) lalu bertempat di rumah Dyan Ernawati, Ketua pokja UMKM Kedungkandang yang dihadiri oleh 12 pelaku UMKM di lingkungan Kelurahan Kedungkandang.


Peserta sangat antusias dengan kegiatan yang dikemas dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan terkait proses pengajuan pembiayaan KUR syariah ini. Selain memberikan pelatihan dan penyuluhan, tim pengabdian masyarakat memberikan pendampingan kepada UMKM dalam mengajukan pembiayaan serta melengkapi dokumen persyaratan KUR syariah.


Di akhir pertemuan, tim pengabdi menghadirkan staf marketing PT Bank Syariah Indonesia untuk memberikan saran dan masukan terhadap dokumen yang telah dilengkapi oleh pelaku UMKM Kedungkandang.


Pendidikan Terbaru