• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Pendidikan

Reorientasi Kurikulum MBKM, FEB Unisma Tekankan Flexibility Hingga Quality

Reorientasi Kurikulum MBKM, FEB Unisma Tekankan Flexibility Hingga Quality
Kegiatan FGD Kurikulum dan Manajemen Pembelajaran Berbasis MBKM. (Foto: NOJ/MJ)
Kegiatan FGD Kurikulum dan Manajemen Pembelajaran Berbasis MBKM. (Foto: NOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisma menyelenggarakan Forum Grup Discussion (FGD) Reorientasi Kurikulum dan Manajemen Pembelajaran Berbasis MBKM, Senin (27/09/2021) secara daring dan luring. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka untuk memantapkan implementasi kurikulum di program studi Manajemen, Akuntansi dan perbankan Syariah ini mendatangkan BM Purwanto, Tim Kurikulum Kemendikbudristek dan Komite Kurikulum di FEB Universitas Gadjah Yogyakarta.

 

Dekan FEB Unisma, Nur Diana dalam sambuatanya mengatakan bahwa kurikulum merupakan nyawa dari suatu program pembelajaran. Sehingga keberadaannya memerlukan rancangan, pelaksanaan serta evaluasi secara dinamis.

 

"Sesuai dengan perkembangan zaman, kebutuhan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) serta kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat, maupun pengguna lulusan perguruan tinggi," kata Nur Diana.

 

Menurutnya, perguruan tinggi dalam hal ini FEB Unisma menghadapi tantangan dalam pengembangan kurikulum di era industri 4.0. Bagaimana menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi baru meliputi literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang berakhlak mulia berdasarkan aqidah Islam Ahlusunnah waljamaah. Maka dari itu sangat penting bagi FEB Unisma untuk mengembangkan  pengembangan kurikulum yang mampu menjawab tantangan tersebut.

 

Lain halnya dengan narasumber, BM Purwanto yang menyatakan  bahwa dasar pengembangan kurikulum selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dan profil lulusan yang termatuk dalam visi misi perguruan tinggi. 

 

"Ada tiga kompetensi utama yang dihasilkan dalam visi dan misi program studi yaitu skill, pengetahuan dan sikap apa yang harus dimiliki dan harus diwujudkan dalam capaian pembelajaran/capaian pembelajaran," beber Purwanto.

 

Lulusan akan berkontribusi dengan bagus jika mereka memberikan hasil belajar yang bagus bagi program studi yang didasarkan pada nilai-nilai MBKM. Dalam penyusunan profil lulusan harus didasarkan pada Outcome Based Education (OBE).

 

"MBKM merupakan metode atau proses belajar untuk menghasilkan kompetensi," ungkapnya.

 

Selanjutnya dalam pendesainan kurikulum harus sesuai dengan visi dan misi prodi serta mempertimbangkan resources. MBKM banyak dikembangkan organisasi di seluruh dunia dan intinya fokus pada mobility yang mana perguruan tinggi harus fit dan mengedepankan kualitas serta fleksibilitas dalam implementasinya.

 

"MBKM akan berjalan dengan baik harus mencakup tiga hal penting yaitu flexibility, mobility dan quality," pungkasnya.


Pendidikan Terbaru