• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Pendidikan

Kuatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Unisda Jalin MoU dengan Unisla dan Unugiri

Kuatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Unisda Jalin MoU dengan Unisla dan Unugiri
Penandatanganan MoU tri dharma perguruan tinggi. (Foto: NOJ/humas)
Penandatanganan MoU tri dharma perguruan tinggi. (Foto: NOJ/humas)

Lamongan, NU Online Jatim

Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan melakukan penandatangan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pelaksanaan dan penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Gedung Rektorat, ruang rapat lantai 1 Unisda Lamongan, Rabu (22/09/2021).

 

Pada kesempatan tersebut, hadir Rektor Universitas Islam Lamongan (Unisla) Bambang Eko Muljono beserta pejabat struktural Unisla lainnya, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro (Unugiri) M Jauharul Ma’arif beserta pejabat struktural Unugiri lainnya. Sebagai tuan rumah, yakni Rektor Unisda Ainul Masruroh bersama segenap pimpinan dari fakultas maupun biro yang ada di Unisda turut menyambut tamu-tamu tersebut.

 

Dalam Sambutannya, Rektor Unisda menyambut baik kedatangan rombongan Unisla dan Unugiri.

 

"MoU ini secara umum mencakup Tri Dharma Perguran Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adanya MoU ini sekarang ini menjadi kebutuhan bersama antar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bertujuan untuk dapat memajukan lembaga masing-masing," ungkap Rektor.


Sementara itu, Rektor Unisla juga berpendapat sama. "MoU ini bisa menjadi wadah untuk bersama-sama menghadapi tantangan ke depan dengan adanya program kampus merdeka dan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi," katanya.

 

Rektor Unugiri juga bersepakat bahwa ke depannya kerja sama ini akan diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan tidak hanya di atas kertas saja. Akan tetapi, untuk program kampus merdeka sendiri, ke depannya akan ada implementasi program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

 

"Kami bersepakat menyelenggarakan pembelajaran di luar Prodi di internal PTS atau di PTS lain," ujar M Jauharul Ma'arif.

 

Sedangkan dalam implementasi tri dharma perguruan tinggi ini akan ada pertukaran, penelitian, pengabdian, dan menulis jurnal ilmiah bersama. Selain itu, disepakati juga dalam waktu dekat ini, sebagai wujud tindak lanjut penandatanganan MoU ini, akan diadakan seminar untuk menyambut Hari Santri yang diselenggarakan se-Karesidenan Bojonegoro dan Gresik.

 

Tepat seminggu sebelum MoU ini digelar, Unisda juga telah bekerja sama dan melakukan pendandatanganan MoU dengan Universitas Islam Malang (Unisma) dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) pada hari Selasa (14/09/2021) dalam bidang tri dharma peguruan tinggi. Dalam waktu dekat ini akan diadakan pertukaran mahasiswa agroteknologi untuk mengikuti kuliah satu semester di Unisma secara daring dan praktik di laboratorium pertanian Unitri terkait teknologi pertanian biocar secara luring.


Pendidikan Terbaru