• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 18 Mei 2022

Malang Raya

Patut Dicontoh, Satgas Covid Mandiri di Kota Malang

Patut Dicontoh, Satgas Covid Mandiri di Kota Malang
Satgas Covid Mandiri di lingkungan Perumahan BVT Malang. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)
Satgas Covid Mandiri di lingkungan Perumahan BVT Malang. (Foto: NOJ/Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim

Warga RT dan RW Perumahan Villa Bukit Tidar (VBT) agak terbantu karena adanya Satuan Tugas (satgas) Covid-19 mandiri di lingkunan tersebut. Tidak hanya dalam hal pencegahan Covid-19, satgas tersebut juga berupaya membantu warga setempat bangkit secara ekonomi.

 

"Kami juga fokus membantu warga yang terdampak secara ekonomi dari mulai memberikan bantuan rutin hingga mendirikan pasar online warga," Akhmad Muwaffik, Ketua Satgas Covid Perumahan VBT kepada NU Online Jatim di sela vaksinasi oleh Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma pada Ahad (26/09/2021).

 

Dikisahkan oleh pria yang juga merupakan Pengasuh Pesantren Mahasiswa Tanwirul Afkar tersebut, pihaknya pernah selama enam bulan berurut urut menangani kurang lebih 120 warga yang kehilangan pekerjaan.

 

Selain itu, pihaknya pernah menangani puluhan warga  isoman, seperti kebutuhan oksigen dan lain sebagainya. "Kami memberikan bantuan berupa sembako bagi warga yang kehilangan pekerjaan tersebut," terangnya.

 

Seiring berjalannya waktu, pihaknya berinisiatif mendirikan pasar online untuk membantu membangkitkan perekonomian warga dengan mengkover warga hingga dibuatlah sebuah media online bernama Pasar Online.

 

"Media ini dijadikan tempat bagi warga untuk saling memenuhi kebutuhan satu sama lain, dan menggerakkan warga untuk saling membantu" kata pria yang pernah menempuh pendidikan agama di Pesantren Nurul Haromain Kecamatan Pujon tersebut.

 

Hingga saat ini, Pasar Online tetap eksis dan menjadi solusi atas permasalahan ekonomi,  warga menyambut antusias hadirnya solusi tersebut.

 

"Hal ini menjadi ladang baru bagi warga untuk memulihkan kondisi ekonomi,  bahkan jangkauan pasar online semakin luas dan tentunya tak lepas dari peran rekan-rekan Satgas Covid semua," terang pria yang juga merupakan dosen di Universitas Brawijaya itu.


Malang Raya Terbaru