• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Malang Raya

Membanggakan, Kader IPNU Ini Terpilih Jadi Duta Wisata Kota Batu

Membanggakan, Kader IPNU Ini Terpilih Jadi Duta Wisata Kota Batu
Moch Fachries Fazana, Sekretaris PC IPNU Kota Batu terpilih sebagai Kangmas Duta Wisata 2022. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Moch Fachries Fazana, Sekretaris PC IPNU Kota Batu terpilih sebagai Kangmas Duta Wisata 2022. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)

Batu, NU Online Jatim
Moch Fachries Fazana, Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Batu berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Pasalnya, ia baru saja terpilih sebagai Kangmas Duta Wisata Kota Batu 2022.


Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Malang (Unisma) ini berkomitmen untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam amanah baru sebagai Kangmas Kota Batu 2022. Ia mengaku segera menyusun strategi yang tepat guna mempromosikan pariwisata Kota Batu secara masif.


"Kita harus membangun identitas pariwisata, serta melakukan segmentasi konsumen yang dituju,” ujarnya saat grand final pemilihan Kangmas Nimas Duta Wisata Kota Batu 2022. Kegiatan itu dipusatkan di Singhasari Resort and Convention, Ahad (12/06/2022) malam.


Selain itu, pihaknya mengaku akan memfokuskan keunikan wisata yang akan dibranding, terlebih dengan banyaknya ragam wisata di Indonesia. Ia juga akan mencari formula yang bagus dalam mengeksekusi pemasaran, baik secara offline maupun online.


“Saya juga mengusulkan diadakannya Batu Culture Festival, sebagai pengenalan kepada wisatawan mengenai keunikan wisata di Kota Batu secara lebih luas,” ungkap mantan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Kecamatan Bumiaji ini.


Di dalam organisasi, Fachries merupakan kader IPNU yang memiliki loyalitas dan dedikasi tinggi. Atas prestasi tersebut, diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk kader yang lain.


Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Sidiq menuturkan tujuan dilaksanakan pemilihan Kangmas Nimas Duta Wisata Kota Batu 2022 adalah untuk menciptakan generasi penerus, khususnya dalam rangka menjaga kestabilan pembangunan kepariwisataan.


"Sebagai kota wisata, tentunya sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan kapabilitas, serta kreativitas dalam rangka pengembangan inovasi pariwisata," tuturnya.


Ia mengatakan, Kangmas dan Nimas merupakan mitra strategis Pemerintah Kota Batu dalam mempromosikan pariwisata. Serta, mengenalkan ragam wisata baik skala regional, nasional, maupun internasional.


"Jadi, kegiatan ini merupakan upaya untuk menciptakan kader untuk pengembangan kepariwisataan tersebut," ujar Arief.


Diketahui, kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Forkopimda Kota Batu itu juga menetapkan Andi Ghassani sebagai Nimas Duta Wisata Kota Batu 2022.


Grand final Kangmas Nimas Kota Batu 2022 itu turut dimeriahkan dengan penampilan Tari Biyonoman oleh para finalis. Jenis tarian tersebut merupakan wujud dari kearifan lokal masyarakat utara Sungai Brantas terkait wujud saling membantu dan gotong royong ketika ada perayaan atau pesta.


Malang Raya Terbaru