• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Pendidikan

Mahasiswa Unisma Juara Favorit Duta Bahasa Jatim

Mahasiswa Unisma Juara Favorit Duta Bahasa Jatim
Muhammad Bagus Rodhifan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma  mendapatkan gelar juara favorit dalam ajang Duta Bahasa Jatim. (Foto: NOJ/ISt)
Muhammad Bagus Rodhifan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma  mendapatkan gelar juara favorit dalam ajang Duta Bahasa Jatim. (Foto: NOJ/ISt)

Surabaya, NU Online Jatim
Berita gembira datang dari kota Surabaya, tepatnya di Hotel Bumi Surabaya yang telah dilaksanakan pemilihan Duta Bahasa Jawa timur 2022. Muhammad Bagus Rodhifan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (Unisma)  mendapatkan gelar juara favorit dalam ajang bergengsi tingkat provinsi Jawa Timur.


Grand final diselenggarakan 3 hari di Hotel Bumi Surabaya, sejak Jumat (27/05/2022). Kegiatan pemilihan duta bahasa dilaksanakan dengan sistem karantina, dengan diikuti oleh 10 pasang duta bahasa yang telah terpilih dari seleksi-seleksi sebelumnya.


Tidak mengherankan apabila Bagus mendapatkan gelar favorit Duta Bahasa Jawa timur 2022, karena di tahun sebelumnya dia berhasil mendapatkan gelar the Winner Duta Kampus Unisma 2021, disusul dengan meraih juara intelegensia Guk Mojokerto 2021. Dia juga merupakan mahasiswa exchange ke Moschow University of Rusia.


Para duta yang telah terpilih memiliki kesempatan untuk menjadi mitra kerja Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur dalam memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


“Kesan kegiatan pemilihan duta bahasa sangat menarik dan bermanfaat bagi saya karena di sini saya mendapat banyak sekali ilmu perihal kebahasaan dan literasi," kata Bagus.


Dirinya mengemukakan bahwa sebagai generasi muda Indonesia, haruslah ikut andil dalam memajukan bangsa dengan menanamkan adanya trigatra bangun bahasa yang berisikan utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahada asing ke dalam diri.

 

"Hal tersebut penting agar nantinya Indonesia bisa menjadi negara yang unggul hebat dan luar biasa,” pungkas Bagus.


Editor:

Pendidikan Terbaru