• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pendidikan

FMIPA Unisma Gelar Pameran Produk Kewirausahaan

FMIPA Unisma  Gelar Pameran Produk Kewirausahaan
FMIPA Unisma Gelar pameran produk kewirausahaan. (Foto: NOJ/Times Indonesia)
FMIPA Unisma Gelar pameran produk kewirausahaan. (Foto: NOJ/Times Indonesia)

Malang, NU Online Jatim
Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (P2KIB) Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar acara P2KIB Entrepreneurday, Kamis (02/06/2021). Kegiatan ini menampilkan gelaran produk usaha dari mahasiswa Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unisma.


Acara yang diselenggarakan secara luring ini resmi dibuka oleh Ketua Bidang Inkubator Bisnis, Dr Sama’ Iradat Tito, S.Si., M.Si. yang dalam sambutannya mengajak seluruh mahasiswa yang hadir untuk terus bersemangat, fokus dan serius dalam pengembangan usahanya sehingga dapat terus menumbuhkan atmosfer kewirausahaan serta membangun ekosistem bisnis di kampus Unisma.


“Saya sampaikan rasa syukur yang mendalam dan sangat berterima kasih kepada Kepala P2KIB Unisma, Hj Jeni Susyanti, S.E., M.M., B.K.P. dan tim yang luar biasa mumpuni dalam bertugas atas kesempatan dan dukungan yang diberikan dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” katanya.


Dalam kegiatan ini, masing-masing mahasiswa diberi kesempatan memaparkan produk usahanya kemudian melakukan serangkaian promosi terkait dan berlatih memasarkannya kepada pengunjung. Antusiasme dari mahasiswa terlihat nyata bahwasanya produk-produk yang ditawarkan terjual habis dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.


Beberapa produk dari mahasiswa Biologi FMIPA Unisma diantaranya adalah lilin untuk terapi DE’BACILA Smile & Chil dari Forella Zahwa Salamah, bahan minuman kesehatan FIBERMIT Dietary Fiber Drink dari Mieta Widya, makanan ringan Es Krim Goreng Daun Kelor dari Rizka Dwi Rahmawati, kriya bidang fesyen Tas Bahan Kain Perca dari Amadia Isnaini Inwar mendapat apresiasi dari masing-masing dosen kewirausahaan yang telah membimbing dalam hal pengembangan usahanya.


Kegiatan tersebut selaras dengan tujuan Unisma untuk mendorong dan mencetak mahasiswa untuk menjalankan dan mengembangkan wirausaha serta meningkatkan program kewirausahaan di Unisma, yang mana akan turut membantu peningkatan kapasitas perguruan tinggi dalam pembinaan kewirausahaan yang di awali dengan pengembangan karakter dan kompetensi kewirausahaan mahasiswa.


Kegiatan-kegiatan semacam ini baik berskala internal hingga nasional maupun internasional terus dikembangkan secara konsisten yang dilaksanakan fokus menyeluruh pada elemen pendidikan yang ada di Unisma agar mampu mencetak lulusan yang bukan hanya sebagai pencari kerja (job seeker) namun sebagai pencetak lapangan pekerjaan (job creator).


Tentunya hal tersebut juga berorientasi pada regulasi dan program-program yang ditetapkan dan diselenggarakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam upaya peningkatan rasio kewirausahaan di Indonesia.


Pendidikan Terbaru