• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Metropolis

Fatayat NU di Gresik Tidak Hanya Urus Kegiatan Agama, Juga Usaha

Fatayat NU di Gresik Tidak Hanya Urus Kegiatan Agama, Juga Usaha
PAC Fatayat NU Ujungpangkah Gresik menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan. (Foto: NOJ/M Jauhar U)
PAC Fatayat NU Ujungpangkah Gresik menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan. (Foto: NOJ/M Jauhar U)

Gresik, NU Online Jatim
Meningkatkan kapasitas dan kompetensi merupakan hal sangat penting dalam proses pemberdayaan perempuan. Menyikapi hal itu, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Ujungpangkah, Gresik, melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan. Acara digelar guna meningkatkan kemampuan anggota dalam bidang ekonomi.

 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program yang menjadi prioritas dalam rapat kerja kepengurusan PAC Fatayat NU Ujungpangkah. Kegiatan dipusatkan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Ujungpangkah, Jumat (24/1).

 

Terlihat peserta yang banyak terdiri dari anggota Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU Ujungpangkah dan beberapa ibu rumah tangga. Mereka sangat antusias dari awal hingga selesai pelatihan. Total keseluruhan peserta berjumlah 133 orang dan merupakan perwakilan dari kepengurusan ranting.

 

Jazillah mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan karena Fatayat NU merupakan bagian dari organisasi pemuda yang berfungsi sebagai agent of change, mengubah kader menjadi lebih baik. 

 

“Sengaja kegiatan ini kami adakan karena Fatayat NU ini bagian dari organisasi pemuda yang berfungsi sebagai agent of change, berubah yang lebih positif, yang lebih baik,” ujar Ketua PAC Fatayat NU Ujungpangkah ini.

 

Ia kemudian menambahkan, Fatayat NU tidak hanya bisa tahlilan dan dibaan, tapi juga harus bisa imbang antara kegiatan jamaah dan jamiyah. 

 

“Itu semua dengan tujuan agar perempuan Ujungpangkah menjadi lebih berdaya, khususnya anggota Fatayat NU,” terangnya.

 

Pelatihan mengambil tema ‘Mencetak Kader Fatayat NU yang Berkualitas, Kreatif, Inovatif dan Berdaya Saing Tinggi menuju Kemandirian jamaah’. 

 

Turut menjadi narasumber adalah Budi Wasana, Asisten Deputi 1 Divisi Pemasaran dan Penjualan Pegadaian Surabaya, yang merupakan satu di antara anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa usaha apapun dasar yang diperlukan adalah telaten atau ulet, kerja keras, manajerial, dan pemasaran.

 

“Kewirausahaan atau bisnis usaha tidak akan lepas dari ketelatenan, kerja keras, menejerial dan pemasaran,” kata Budi.

 

Dia menambahkan bahwa dengan penguasaan maksimal, apa yang disampaikan akan menjadikan usaha yang dijalankan sukses.

 

“Kalau itu semua dikuasai oleh pengurus Fatayat NU, insyaallah usaha dan bisnis apapun akan sukses. Karena ini menjadi ilmu dasar dalam dunia wirausaha atau enterpreneur,” tutupnya.

 

Selama ini, usaha yang dirintis PAC Fatayat NU Ujungpangkah adalah catering makanan atau warung makan. Usaha tersebut memiliki peluang pangsa pasar yang cukup menjanjikan.

 

Kontributor: M Jauhari Utomo
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru