Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

KH Asep Saifudin Deklarasikan ASC Foundation, Ini Program Kerjanya

KH Asep Saifudin Deklarasikan ASC Foundation, Ini Program Kerjanya
KH Asep Saifudin Chalim (baju putih) saat deklarasi ASC Foudation di Kampus Istitut KH Abdul Chalim, Rabu (21/02/2021). (Foto: NOJ/ Ahmad Rofi).
KH Asep Saifudin Chalim (baju putih) saat deklarasi ASC Foudation di Kampus Istitut KH Abdul Chalim, Rabu (21/02/2021). (Foto: NOJ/ Ahmad Rofi).

Mojokerto, NU Online Jatim

Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, KH Asep Saifuddin Chalim mendeklarasikan Asep Saifuddin Chalim (ASC) Foundation di Kampus Institut KH Abdul Chalim Desa Bendungan Jati, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Rabu (24/02/2021).

 

ASC Foundation adalah organisasi nirlaba  yang didirikan oleh KH Asep Saifuddin Chalim untuk mewujudkan cita-cita luhur pendiri bangsa Indonesia yang adil, makmur dan negeri baldatun toyyibatun warobbun ghofuur dari Kabupaten Mojokerto.

 

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu mejelaskan, ASC memiliki program kerja membantu pemerintah secara langsung dalam usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan tunai, lapangan pekerjaan, maupun persoalan yang sedang dihadapi masyarakat.

 

"Kita sudah memulai kegiatan kemanusian ini sudah lama. Ada juga bencana. Rumah yang tidak layak huni dan juga kami akan memantau jangan sampai di Mojokerto ada orang yang tidak bisa sekolah. Tentu juga ada penyuluhan dan kita juga akan memberikan beasiswa kepada yang anak yang membutuhkan," kata Kiai Asep saat deklarasi.

 

Menurutnya, ada empat hal yang membuat negara maju, adil dan makmur, yaitu ilmu ulama dan ilmuwan dipakai birokrat. Yang kedua, birokratnya adil. Yang ketiga dibantu oleh konglomerat yang peduli untuk masyarakat dan yang keempat, orang miskin mendoakan pemimpinnya.

 

"Kepedulian dari pihak-pihak yang lain, sehingga mereka tidak akan melakukan aksi-aksi demo, tetapi mereka justru berdoa untuk kebaikan bersama," ungkap Kiai Asep.

 

Ia berkeinginan, dengan didirikannya ASC Foundation ini bisa membantu seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya Mojokerto dan bisa memberikan inspirasi bagi para konglomerat untuk lebih peduli pada masyarakat. Selain itu, juga bisa menjadi referensi nasional bahkan internasional.

 

"Kami hanya akan membantu tidak akan melakukan komunikasi dengan pemerintah Mojokerto, Jawa Timur bahkan pusat yang sifatnya kerjasama, kami tidak mau. Hanya membantu, jadi tidak ada kami akan mendirikan CV, PT dan mencari order dari pemerintahan dibantu oleh pemerintah baik pemerintah atau pemerintah Jawa Timur hingga pusat, kami tidak mau," tegasnya

 

Masih kata Kiai Asep, deklrasi ini bertujuan agar nantinya masyarakat tidak kaget jika tiba-tiba tim dari ASC Foundation tiba-tiba membantu di daerahnya. "Entah itu membangun keramik, membangun WC maupun memberikan bantuan bencana alam. Tidak hanya di Mojokerto ya tapi untuk seluruh Indonesia," terangnya.

 

 

Ditambahkannya, dalam waktu dekat pihaknya akan membeli 18 mobil Ambulance. Dimana mobil Ambulance itu rencananya akan digunakan di setiap Kecamatan di Kabupaten Mojokerto untuk mengantar warga yang sakit ke Rumah sakit.

 

Editor: Romza

Bank Jatim (31/7)