• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

Bulan Kemerdekaan, LAZISNU Banyuwangi Beri Ratusan Veteran Tali Asih

Bulan Kemerdekaan, LAZISNU Banyuwangi Beri Ratusan Veteran Tali Asih
LAZISNU Banyuwangi saat menyerahkan tali asih secara simbolis kepada veteran Banyuwangi. (Foto: NOJ/Vina YS).
LAZISNU Banyuwangi saat menyerahkan tali asih secara simbolis kepada veteran Banyuwangi. (Foto: NOJ/Vina YS).

Banyuwangi, NU Online Jatim

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari sumbangsih para veteran yang kala itu berjuang melawan penjajah. Sebagai bentuk penghormatan atas jasanya, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) Banyuwangi berbagi tali asih kepada veteran se-Kabupaten Banyuwangi.

 

Ketua LAZISNU Banyuwangi, Imron Rosyadi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud terima kasih NU kepada pejuang kemerdekaan atas jasa yang dilakukan dulu. Kegiatan tersebut dilakukan secara serentak pada Selasa, (17/08/2021).

 

“Sedikitnya ada 113 veteran yang berhak menerima pemberian LAZISNU Banyuwangi. Peyalurannya dilakukan dengan mendatangi langsung rumah veteran,” ujarnya.

 

Tidak hanya itu, LAZISNU Banyuwangi juga mengadakan podcast bersama tiga Pengurus DPC LVRI Kabupaten Banyuwangi. Dalam kesempatan ini, para veteran menceritakan dengan rinci perjuangannya dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

 

“Hal ini kami lakukan untuk memberikan pengetahuan kepada generasi penerus tentang perjuangan yang dilakukan para veteran di masa lalu,” imbuh Imron Rosyadi.

 

Selain kepada veteran, LAZISNU Banyuwangi juga menyalurkan santunan kepada anak yatim, dluafa dan warga yang menjalani isolasi mandiri se-Kabupaten Banyuwangi. Penyaluran dilakukan sejak Selasa (17/08/2021) hingga Jum’at (20/08/2021).

 

Sementara itu, Kusnari seorang veteran di Banyuwangi menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi atas kepeduliannya kepada veteran.

 

Menurutnya, hal itu sebagai bukti bahwa NU cinta NKRI dan tidak berhenti berjuang bersama pejuang. Bahkan, dirinya mengaku sangat terharu kala Nahdliyin secara lantang menyuarakan ‘NKRI harga mati’ dan ‘Pancasila jaya’.

 

“Semoga generasi muda tetap cinta dan bangga menjadi warga Indonesia dan mengamalkan Pancasila serta UUD 1945,” pungkas Kusnari.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru