• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

Dua Mahasiswi UIJ Jadi Pemakalah Terbaik Webinar Nasional

Dua Mahasiswi UIJ Jadi Pemakalah Terbaik Webinar Nasional
Nurus Suhliyatin dari FKIP UIJ menjadi pemakalah terbaik nasional. (Foto: NOJ/Aryudi AR)
Nurus Suhliyatin dari FKIP UIJ menjadi pemakalah terbaik nasional. (Foto: NOJ/Aryudi AR)

Jember, NU Online Jatim

Nama Universitas Islam Jember (UIJ) kembali berkibar. Hal tersebut menyusul prestasi yang diraih dua mahasiswinya sebagai pemakalah terbaik dalam ajang webinar nasional. Kegiatan digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Majalengka, awal Agustus 2021. 

 

Adalah Nurus Suhliyatin dan Angel Ardila Suci, mahasiswi program studi Pendidikan Matematika FKIP UIJ tampil memukau pada webinar yang mengusung tema ‘System Thinking Skills dalam Upaya Transformasi Pembelajaran di Era Society 5.0’. Kegiatan diikuti sekitar seratus peserta dari berbagai perguruan tinggi ternama di Tanah Air. 

 

Dalam sesi prosiding, para peserta dibagi dalam 10 kelompok yang masing-masing berisi 10 pemakalah. Setiap pemakalah harus menyampaikan presentasinya melalui aplikasi zoom.

 

“Alhamdulillah, kami dapat juara,” kata Nurus Suhliyatin di kampus UIJ, Jalan Kiai Mojo Nomor 101, Jember, Selasa (24/08/2021).

 

Pada webinar tersebut, Nurus menyampaikan presentasi dengan judul makalah ‘Analisis Kebutuhan Siswa pada Materi Bangun Datar di SMP Sumbebaru, Jember’.  

 

Intinya, Nurus melihat sangat dibutuhkan bahan ajar sebagai sumber belajar tambahan yang memudahkan siswa dalam memahami materi. Termasuk membantu siswa lebih kreatif dalam proses pembelajaran, menarik minat baca dan motivasi untuk belajar, serta rasa ingin tahu yang tinggi pada siswa SMPN 1 Sumberbaru. 

 

Ujungnya dapat membantu siswa dalam materi bangun datar untuk mengidentifikasi sifat bangun datar. Termasuk menentukan rumus dan memahami soal cerita. 

 

“Bahan ajar yang dimaksud dapat berupa leaflet berbasis etnomatematika, di mana bahan ajar ini merupakan inovasi baru yang menarik minat siswa,” urainya.

 

Sedangkan Angel Ardila Suci mengusung gagasan dalam bentuk makalah berjudul  ‘Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Masa Pandemi Pokok Bahasan Lingkaran’. 

 

Makalah yang dihasilkan dari penelitiannya di SMP Negeri 5 Jember itu, intinya adalah media pembelajaran berbasis game edukasi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Dan seluruh guru menyatakan tertarik dan ingin menerapkan media dalam proses pembelajaran. 

 

Kebutuhan akan media berbasis game edukasi perlu disertai dengan adanya konsep yang di dalamnya terdapat latihan soal, pendidikan karakter, dan ringkasan materi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. 

 

“Media game edukasi yang sangat mudah penerapannya menjadi pilihan tepat sebagai media pembelajaran di era pandemi Covid-19,” jelas Angel Ardila Suci.

 

Penulis: Aryudi A Razaq
Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru