Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Sambut HSN, Lesbumi Nganjuk Siapkan Film ‘Sunan Kali Brantas’

Sambut HSN, Lesbumi Nganjuk Siapkan Film ‘Sunan Kali Brantas’
Tim proyek film 'Sunan Kali Brantas' yang digarap Lesbumi Nganjuk. (Foto: NOJ/Hafidz Yusuf)
Tim proyek film 'Sunan Kali Brantas' yang digarap Lesbumi Nganjuk. (Foto: NOJ/Hafidz Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama Cabang Nganjuk tengah menggarap film berjudul Sunan Kali Brantas. Film itu disiapkan dan akan disuguhkan saat peringatan Hari Santri Nasional 2021.

 

Ketua Lesbumi NU Nganjuk Lukman Surya mengatakan, film tersebut dibuat dalam rangka membangun rasa sadar masyarakat akan peran santri  dalam menjaga kelestarian budaya lokal di Jawa Timur. Menurutnya, kegiatan ini dapat mendorong semangat masyarakat untuk berkreasi di era pandemi, khususnya para seniman.

 

“Melalui film ini kami berharap akan lahir seniman muslim profesional dibidang bermain peran,” tutur Lukman saat dihubungi NU Online Jatim, Jumat (20/08/2021).

 

Ia menjelaskan, film Sunan Kali Brantas menceritakan tentang perjuangan menyebarkan agama Islam kepada masyarakat Kabupaten Nganjuk pada tahun 1.800 yang tidak mudah.

 

“Sunan Kali Brantas adalah seorang ulama yang gigih, berilmu dan berakhlakul karimah. Namun perjuangannya dihalang-halangi oleh musuhnya yang bernama Surogandos,” ujar Lukman.

 

Menariknya, seluruh aktor dan kerabat kerja yang terlibat dalam film bergenre sejarah religi ini adalah santri dan seniman se Kabupaten Nganjuk. Semuanya berjumlah 50 orang. Yang menyutradarai film tersebut juga tim dokumenter Lesmbumi NU Nganjuk.

 

"Kami berharap, penonton nanti bisa mengambil pelajaran baik agama dan sejarah dari film ini, karena kami menuangkan pesan, baik langsung maupun tidak langsung. Selain itu, agar masyarakat bisa terhibur dalam suasana hari Santri," harap Lukman.

 

Penulis: Hafidz Yusuf

 

Editor: Nur Faishal

Terkait

Matraman Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini