• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Tapal Kuda

Giliran NU Kabupaten Pasuruan Berangkatkan Santri Lirboyo

Giliran NU Kabupaten Pasuruan Berangkatkan Santri Lirboyo
Sejumlah santri Lirboyo asal Kabupaten Pasuruan dikoordinir oleh PCNU dan Himasal setempat untuk kembali ke pesantren. (Foto: NOJ/Makhfud)
Sejumlah santri Lirboyo asal Kabupaten Pasuruan dikoordinir oleh PCNU dan Himasal setempat untuk kembali ke pesantren. (Foto: NOJ/Makhfud)

Pasuruan, NU Online Jatim
Sejumlah kalangan ingin segera mendapatkan kepastian terkait kondisi saat ini. Masa pandemi Covid-19 yang tidak kunjung selesai, membuat beberapa pihak memanggapinya dengan beragam.


Karenanya Satuan Tugas atau Satgas Covid-19 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dengan sejumlah pondok pesantren, dengan sigap menyesuaikan beberapa kebijakan. Salah satunya mengenai pengembalian santri ke pondok.

 

Apalagi beberapa waktu berselang telah dikelurkan surat edaran oleh Pengurus Pusat (PP) Rabithah Ma'hid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) dan  Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) tentang protokol kesehatan bagi pondok pesantren. Hal tersebut merupakan panduan yang diterapkan pesantren saat santri kembali. Seperti adanya pembagian pengembalian santri sembari mempersiapkan ruang isolasi di dalam pesantren selama dua pekan.

 

Satgas Covid-19 PCNU Kabupaten Pasuruan yang memberikan sambutan saat santri pulang, juga menfasilitasi pengembalian mereka. Santri asal Pasuruan yang mondok di Pondok Pesantren Lirboyo melalui Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Pasuruan mengkondisikan pengembalian santri di halaman kantor PCNU.

 

Tercatat ada 223 santri Pesantren Lirboyo kembali ke pondok. Maka, sebanyak tiga bus dan beberapa kendaraan pribadi mengantarkan para santri kembali ke pesantren.

 

Menurut Gus Narjon Najih Afnany selaku Koordinator Himasal Pasuruan, bahwa santri yang kembali bukan hanya yang lama. Namun santri baru pun ikut bersama rombongan.

 

"Ada 183 santri yang ikut di rombongan bus, dan sisanya diantar dengan mobil pengurus Himasal Pasuruan," ujar pria yang lebih akrab dipanggil Mas Ajik ini, Selasa (7/7). 

 

Turut dalam mengatur pemberangkatan para santri ini yaitu Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin. Pada kesempatan tersebut dilakukan pengecekan baik kesiapan petugas dari Himasal maupun petugas Satgas Covid-19 dan NU Peduli.

 

"Semoga berjalan lancar," kata KH salah seorang Pengasuh Pondok Pesantren Besuk tersebut.

 

Sebelumnya, beberapa kota di Tanah Air telah mengkoordinir kembalinya santri dari Pesantren Lirboyo. Berkoordinasi dengan PCNU, Himasal daerah akhirnya bisa memberangkatkan santri ke Pesantren Lirboyo secara massal.

   

Kontributor: Makhmud
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru