• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Tapal Kuda

HSN 2021, NU Kota Probolinggo Ziarah Makam Muassis

HSN 2021, NU Kota Probolinggo Ziarah Makam Muassis
Rombongan ziarah makam muassis NU yang diadakan PCNU Kota Probolinggo saat HSN 2021. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Rombongan ziarah makam muassis NU yang diadakan PCNU Kota Probolinggo saat HSN 2021. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo melaksanakan ziarah makam Muassis NU dan tokoh pesantren daerah setempat. Hal ini dilakukan untuk memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

 

Kegiatan tersebut diikuti jajaran PCNU Kota Probolinggo, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), serta lembaga dan banom setempat. Agenda tersebut dilaksanakan selama dua hari sejak hari Sabtu (16/10) sampai Ahad (17/10).

 

Ketua PCNU Kota Probolinggo, H Samsur menjelaskan, agenda ini tidak lain untuk mendapatkan barokah dan mengingatkan kepada para kiai NU dan para tokoh pesantren yang telah berjuang dahulu.

 

"Untuk itu, kita perlu senantiasa mendoakan dan mengingat para muassis, bahwa kita semua akan kembali kepada Allah SWT," ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (17/10).

 

Oleh karena itu, ia berharap muharrik dan Nahdliyin agar senantiasa terus melestarikan dan merawat perjuangan para muassis NU, khususnya di Kota Probolinggo. "Alhamdulillah, di hari kedua ini semua makam bisa dihadiri," ucapnya.

 

Pantauan NU Online Jatim, ziarah makam muassis tersebut berakhir di makam Almarhum KH Abdul Ghoni Rais Syuriah pertama PCNU Kota Probolinggo masa khidmat 1985-1989, yang terletak di Kelurahan Beberan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

 

Adapun titik makam para muassis NU atau tokoh pesantren yang ada di kota Probolinggo yang diziarahi pada hari pertama, yaitu KH Mafrudin, Habib Muhammad Al Habsyi, KH Nur Hasan, KH Abd  Aziz Fadlol, KH Fadhol, KH Abdul Mujib, KH Anwar Sanusi, KH Ahmad Zaini, KH Hasan Subki, KH Sanusi, KH Ali Rohbini, KH Asyari Usnuddin, dan KH Marzuqi.

 

Kemudian di hari kedua berziarah ke makam KH Ghozali, KH Hafifun, KH Syamsuri, KH Syihabudin, KH Nawawi, KH Said, KH Cholil, KH Mughi, KH Romli Bakir, KH Mas Zayadi, KH Lubab Abul Khoir, dan KH Abdul Ghoni.


Tapal Kuda Terbaru