• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

IPNU-IPPNU Lumajang Siap Wujudkan Sekolah Moderasi Beragama Bersama Kemenag

IPNU-IPPNU Lumajang Siap Wujudkan Sekolah Moderasi Beragama Bersama Kemenag
PC IPNU-IPPNU Lumajang saat melakukan audiensi bersama H Muhammad Muslim Kepala Kemenag Lumajang. Foto: Istimewa
PC IPNU-IPPNU Lumajang saat melakukan audiensi bersama H Muhammad Muslim Kepala Kemenag Lumajang. Foto: Istimewa

Lumajang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Lumajang melakukan audiensi ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat di Jl Sekarputih Desa Sumberejo, Sukodono, Lumajang, Senin (08/08/2022).


Audiensi yang ditemui langsung H Muhammad Muslim, Kepala Kantor Kemenag ini menghasilkan beberapa poin penting.


Umroh Ul Aini Ketua PC IPPNU mengatakan, poin tersebut antara lain sinergitas IPNU-IPPNU bersama Kemenag dalam mewujudkan program sekolah moderasi beragama.


"Alhamdulillah kami diterima dengan baik. Semoga sinergi ini bisa berjalan lancar dan mewujudkan sekolah yang sadar dalam moderasi beragama. Tentunya kami juga dalam hal ini difasilitasi oleh Kemenag untuk masuk ke sekolah-sekolah agar menangkal faham radikalisme," jelas Umroh.


Sebagai wujud keseriusan IPNU-IPPNU Lumajang dalam menjalin kerja sama ini, ia akan segera membentuk tim khusus yang menyusun hal-hal yang diperlukan selain terus melukakan gerakan kaderisasi di sekolah-sekolah.
 

"Dan kami akan terus berdiskusi dengan Kemenag tentang hal ini yang nanti disusul penyusunan buku pedoman yang mengatur tentang sekolah moderasi beragama. Dan nanti juga akan ada Bimbingan Teknis (Bimtek) khusus dari Kemenag," lanjutnya.


Ia berharap sinergitas ini dapat membantu program IPNU-IPPNU Lumajang yang menargetkan berdirinya 100 komisariat di sekolah-sekolah maupun di pesantren menjelang satu abad NU.
 

"Mengingat kami dalam waktu dekat akan berangkat kongres di Jakarta, insyaallah program ini akan direkomendasikan di sana. kongres yang akan datang. Semoga semua semuanya diberi kelancaran," tandasnya. 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru