• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

Garap Moderasi Beragama, Kemenag Lumajang Libatkan Ansor

Garap Moderasi Beragama, Kemenag Lumajang Libatkan Ansor
Ansor Lumajang bersama Kepala Kantor Kemenag Lumajang saat penyerahan penghargaan kepada kader Ansor. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)
Ansor Lumajang bersama Kepala Kantor Kemenag Lumajang saat penyerahan penghargaan kepada kader Ansor. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang siap menjalin kerja sama dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor dalam program moderasi beragama. Hal itu disampaikan Muhammad Muslim, Kepala Kantor Kemenag Lumajang, saat penyerahan penghargaan kepada Yusuf Muhammad, kader Ansor juara lomba adzan oleh PP GP Ansor, Rabu (09/03/2022).


"Kami ingin ada sinergi antara Ansor dengan Kemenag. Kemenag Lumajang akan melakukan moderasi beragama yang itu akan menjadi progam pertama yang akan dikerjakan," ujar Muslim.


Gus Abdul Mugits Naufal, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Lumajang, menyambut baik hal itu. Menurutnya, visi moderasi beragama memang menjadi garapan utama Ansor selama ini, sehingga sinergitas bersama Kemenag Lumajang nantinya akan semakin menguatkan terlaksananya moderasi beragama di Lumajang.


"Kami akan siap bekerjasama, sharing program dengan Kemenag Demi mewujudkan kondusifitas keagamaan di Lumajang," jelas Pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Ulum Krai Yosowilangun Lumajang ini dikonfrimasi NU Online Jatim.


Lebih lanjut Gus Naufal mengatakan, nota kerja sama hingga saat ini masih dirancang dan terus dikomunikasikan, yang intinya bersama Kemenag nantinya akan menggelar acara-acara kreatif yang menyisipkan moderasi beragama di dalamnya.


"Kami bersama semua elemen, khususnya Kemenag Lumajang akan membuat semisal acara Kemah Moderasi, saling berjaga keamanan jika sedang berlangsung perayaan keagamaan. harapannya nanti Kabupaten Lumajang menjadi role model bagi berlangsungnya moderasi beragama di masyarakat Lumajang," imbuh Gus Naufal.


Dirinya berharap, dengan adanya kerja sama ini, nantinya masyarakat Lumajang bisa merasakan manfaatnya dengan semakin kuatnya toleransi antar umat beragama sehingga tercipta kenyamanan dan keamanan.


"Dan juga untuk memastikan terus berlangsungnya kondusifitas keagamaan, budaya dan Politik di semua sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru