• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Tapal Kuda

Kemandirian Ekonomi Jadi Prioritas Muslimat NU di Probolinggo

Kemandirian Ekonomi Jadi Prioritas Muslimat NU di Probolinggo
Beberapa pengurus PAC Muslimat NU Krejengan, Probolinggo usai dilantik. (Foto: NOJ/Khairul Umam)
Beberapa pengurus PAC Muslimat NU Krejengan, Probolinggo usai dilantik. (Foto: NOJ/Khairul Umam)

Probolinggo, NU Online Jatim

Ikhtiar untuk terus memberikan yang terbaik bagi jamaah adalah prioritas Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. Terutama dalam mengoptimalkan kemandirian ekonomi organisasi.

 

Semangat tersebut disampaikan Hj Jamilah selaku Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Krejengan yang dikukuhkan Ahad (27/12/2020) di Masjid Raudlatul Jannah, Dusun Opo-opo Lor, Desa Opo-opo.

Hadir pada acara tersebut pengurus dari Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kota Kraksaan, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Krejengan. Juga kader Muslimat NU dan Fatayat NU dari tingkat PAC sampai Ranting se- Krejengan.

Disampaikan Hj Jamilah mengutip pesan dari almarhum KH Hasan Sepuh Genggong, bahwa barangsiapa merawat NU maka orang itu akan beruntung.

“Maka jangan setengah-setengah bergabung dengan kami. Dan semoga kelak juga kami dapat dipertemukan dengan para pendiri dan pejuang NU,” harap alumni Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang itu.

 

Pengukuhan dilakukan dua bulan usai berlangsungnya pelantikan pengurus harian seluruh PAC Muslimat NU di lingkungan PC Muslimat NU Kota Kraksaan di Desa Kandang Jati.

“Kalau pelantikan yang berlangsung sebelumnya itu hanya disaksikan oleh PC Muslimat NU Kota Kraksaan, sedangkan pengukuhan kali ini berlangsung dan disaksikan oleh seluruh kader Muslimat NU se-Kecamatan Krejengan, dari tingkat PAC hingga Ranting,” terangnya
 

Nyai Zulfa Zakiyatul Fahiroh salah satu pengurus yang baru dikukuhkan berharap Muslimat NU ke depannya agar lebih
meningkatkan kemandirian ekonomi. Dalam artian bahwa masyarakat bisa lebih mandiri lagi.

“Tidak harus lepas dari suami, paling tidak kita bisa madiri, tidak selalu bergantung kepada suami,” ujar perempuan dari Pondok Pesantren Khoiril Bariyah, Desa Sentong, Kecamatan Krejengan tersebut.

Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo itu juga berpandangan bahwa sebagai wakil rakyat tentunya harus mendukung kepada program yang telah disusun pemerintah. Selanjutnya memilah dan memilih apa yang bisa diambil oleh Muslimat NU untuk pengembangan kaderisasi, perekonomian, dan sebagainya.

“Pokoknya yang bisa menyejahterahkan masyarakat khususnya kaum perempuan atau ibu,” tegasnya.

KH Basith Badzali selaku Ketua MWCNU Krejengan menekankan bahwa program yang dihadapi MWCNU ke depan adalah pengembangan kemandirian ekonomi. Juga pemberdayaan kader, serta peningkatan
sumberdaya manusia (SDM).


Sementara itu, Ny Hj Zulfa Badri selaku Ketua PC Muslimat NU Kota Kraksaan memberikan arahan kepada pengurus PAC
Muslimat NU Kecamatan Krejengan. “Melihat dari prosesi pelantikan ini, saya yakin ada potensi yang sangat luar biasa di tubuh PAC Muslimat NU Krejengan ke depannya,” ujarnya.

Salah satu keluarga besar Pondok Pesantren Al-Masduqiyah Kraksaan tersebut juga mengingatkan kepada pengurus baru agar jangan sampai terjadi miskomunikasi antarpengurus.

“Di dalam tubuh organisasi kita harus menjalankan sakinah, mawaddah wa rahmah. Sakinah adalah kasih, dan mawaddah adalah cinta dan rahmah merupakan sayang. Begitu juga dalam bertetangga,” tandasnya.


Penulis: Khairul Umam

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru