• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Tapal Kuda

Kombinasi Budaya Jawa-Arab Meriahkan Harlah IPNU-IPPNU di Pasuruan

Kombinasi Budaya Jawa-Arab Meriahkan Harlah IPNU-IPPNU di Pasuruan
Peringatan Isra' Mi'raj dan harlah IPNU-IPPNU di Karangrejo, Gempol, Pasuruan. (Foto: NOJ/Afifatus S)
Peringatan Isra' Mi'raj dan harlah IPNU-IPPNU di Karangrejo, Gempol, Pasuruan. (Foto: NOJ/Afifatus S)

Pasuruan, NU Online Jatim

Cara berbeda dilakukan Pengurus Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

 

Mereka mengadakan shalawat dan pengajian dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj dan harlah organisasinya. Kegiatan dipusatkan di Pondok Pesantren Al-imaroh, Kecamatan
Gempol, Ahad (21/03/2021).

Yang menarik, kegiatan dilaksanakan mengusung konsep kombinasi budaya Jawa dengan Arab. Budaya Jawa diwakili dengan dekor dan kostum yang dipakai, sedangkan budaya Arab melalui hadrah.

“Selain untuk memperingati harlah NU, harlah IPNU dan IPPNU serta peringatan Isra' Mi'raj, kegiatan juga bertujuan untuk mengembangkan potensi hadrah para anggota yang sebagian besar belum mahir serta mempererat tali silaturahim antar pengurus dan anggota,” kata Imroatus.

Ketua Ranting IPPNU Karangrejo tersebut mengatakan bahwa saat ini banyak pelajar atau remaja yang kurang aktif dan melupakan budaya Jawa maupun tradisi hadrah yang sangat kental akan ke-NU-annya.

 

“Sehingga IPNU IPPNU harus menjadi wadah untuk menjunjung, menjaga dan mengenalkan budaya Jawa serta hadrah kepada pelajar dan remaja,” jelas dia.

Lebih lanjut, dirinya berharap kader-kader NU bisa semakin mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Karena hal tersebut sangat penting sebagai bagian dari kelebihan diri.

 

“Saatnya mengembangkan dengan baik soft skill yang tidak didapatkan di bangku sekolah,” pungkasnya.

 

Kegiatan dihadiri Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama  Karangrejo, Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Gempol, pengurus Pesantren Al-Imaroh dan pengurus serta anggota PR IPNU-IPPNU Karangrejo.
 

 

Penulis: Afifatus Sholikhah

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru