• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Tapal Kuda

LAZISNU di Banyuwangi Ajak Warga Berdonasi untuk Korban Bencana

LAZISNU di Banyuwangi Ajak Warga Berdonasi untuk Korban Bencana
Pengalangan dana untuk korban bencana oleh LAZISNU di Banyuwangi. (Foto: NOJ/Saiful Bari)
Pengalangan dana untuk korban bencana oleh LAZISNU di Banyuwangi. (Foto: NOJ/Saiful Bari)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Beragam bencana yang ada di Tanah Air hendaknya mengetuk semua kalangan untuk turut membantu meringankan beban mereka. Bantuan dapat berupa barang maupun uang, juga doa dengan harapan bencana segera berakhir.

 

Tidak ingin berpangku tangan, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Desa Tulungrejo, Glenmore, Banyuwangi melakukan penggalangan dana. Lembaga ini dibantu oleh Gerakan Pemuda Ansor, Barisan Ansor Serbaguna atau Banser, dan Pagar Nusa.

 

“Kegiatan ini melanjutkan instruksi LAZISNU Jawa Timur. Sehingga kami mengajak seluruh badan otonom di bawah naungan NU seperti Ansor, Banser dan Pagar Nusa di desa Tulungrejo untuk bergabung,” kata Ketua LAZISNU Tulungrejo, Khoirul Umam, Ahad (07/02/2021).

 

Sedangkan keterlibatan GP Ansor dalam penggalangan dana untuk korban bencana alam adalah bukti nyata memang harus hadir di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh NU. Termasuk kegiatan LAZISNU itu sendiri.

 

“Tak sekadar itu, kami mengerahkan 10 Banser dan 10 sahabat GP Ansor untuk mengawal kegiatan ini,” kata M Agil selaku Ketua GP Ansor Ranting Tulungrejo.

 

Penggalangan ini juga mendapat perhatian dari berbagai pihak. Di antaranya datang dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Glenmore, Gus Saiful Waton.

 

Dalam pandangannya, apa yang dilakukan LAZISNU dan didukung banom NU sebagai hal bagus dan layak diapresiasi. “Ini adalah acara yang layak diapresiasi setinggi-tingginya,” kata Gus Saiful Waton. Sinergi seperti ini layak mendapat bintang sembilan karena melibatkan antar lembaga dan Banom di bawah naungan NU, lanjutnya.

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Glenmore, Zainuddin juga memberikan dukungan. Bahkan, kegiatan ini layak menjadi contoh bagi ranting-ranting Ansor yang ada di wilayah kepengurusannya.

 

"Kami sangat mengapresiasi langkah sinergitas ini, semoga ini menjadi contoh bagi ranting-ranting lainnya,” harapnya.

 

Penulis: Saiful Bari


Editor:

Tapal Kuda Terbaru