• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Tapal Kuda

Libur Kuliah, BEM Inaifas Kencong, Jember Rutin Gelar Khataman

Libur Kuliah, BEM Inaifas Kencong, Jember Rutin Gelar Khataman
Ikon kampus Inaifas, Kencong, Jember. (Foto: NOJ/Habib Azis ar-Rozi)
Ikon kampus Inaifas, Kencong, Jember. (Foto: NOJ/Habib Azis ar-Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) menggelar rutinan khatmil Qur'an di mushala kampus setempat, Jalan Semeru No. 09 Kencong, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jumat (6/3).

 

Syaiful Bahri selaku Kemenag BEM Inaifas mengatakan bahwa rutinan khatmil Qur'an ini diselenggarakan setiap satu bulan sekali yakni setiap Jumat Legi.

 

“Sasaran dari kegiatan ini adalah kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi Inaifas, terlebih kepada dosen dan masyarakat sekitar,” kata Syaiful, sapaan akrabnya.

 

Sementara, Siska Rifa'atul Mahmudah selaku Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat positif. Selain banyak keutamaan yang didapat, juga sembari mengisi kegiatan positif di hari hari libur perkuliahan daripada melakukan hal yang kurang bermanfaat.

 

“Kegiatan ini juga bertujuan dalam rangka menambah semangat mahasiswa dalam mencintai dan membaca Al-Quran sebagia pedoman hidup umat Islam,” kata Siska, mahasiswi Fakultas Tarbiyah Prodi PGMI semester IV ini tersebut.

 

Dalam pandangannya, banyak keutamaan membaca Al-Qur'an. Bahkan dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi memaparkan hadits yang berkenaan dengan keutamaan membaca Al-Qur’an. 

 

“Di antaranya, pertama akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Kedua, mendapatkan predikat insan terbaik. Dan ketiga mendapatkan pahala akan bersama malaikat di akhirat, bagi yang mahir mambacanya,” jelasnya. 

 

Sedangkan manfaat keempat mendapatkan pahala dua kali lipat, bagi yang belum lancar. Dan kelima, akan diangkat derajatnya oleh Allah. Mendapatkan sakinah, rahmat, dikelilingi malaikat, dan dipuji Allah di hadapan makhluk-Nya.

 

"Semoga kegiatan ini terus istikamah untuk dilakukan. Alhamdulillah kegiatan mendapatkan respons positif dari masyarakat sekitar, terlihat dari beberapa sedekah dan bantuan makanan yang diberikan,” tegasnya. 

 

Dirinya mendoakan semoga segala kebaikan tercatat sebagai amal jariyah. Dan rutinan ini merupakan kali kelima terhitung dari awal kepengurusan.

Kontributor: Habib Azis ar-Rozi
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru