• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Tapal Kuda

Peduli Lingkungan, LAZISNU Lumajang Kemas Daging Kurban dengan Besek

Peduli Lingkungan, LAZISNU Lumajang Kemas Daging Kurban dengan Besek
LAZISNU Lumajang saat membagikan daging kurban dengan wadah besek peduli lingkungan. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
LAZISNU Lumajang saat membagikan daging kurban dengan wadah besek peduli lingkungan. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Lumajang membagikan 650 lebih paket daging kurban yang dikemas dengan wadah besek pada Senin-Selasa (11-12/07/2022). Hal ini dilakukan sebagai ikhtiar peduli lingkungan dan mengurangi penggunaan sampah plastik.


"Selain itu, di dalam besek ini kita beri daun jati, jadi daging menjadi lebih segar," terang Direktur LAZISNU Lumajang, Rofiul Ulum kepada NU Online Jatim.


Ia menyebutkan, ratusan daging tersebut hasil dari kurban para donatur yang dititipkan kepada LAZISNU Lumajang. Disebutkan, hewan kurban itu disembelih pada saat itu juga dengan mematuhi prosedur pemerintah akibat merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi dan kambing.


"Sebelumnya, kita menyampaikan laporan ke UPT Peternakan Lumajang, dan saat penyembelihan kita datangkan langsung dokter hewan untuk mengecek kelayakan hewan dan mendapat surat layak disembelih," jelas Rofi'.


Dirinya mengatakan, meskipun banyak prosedur yang harus ditaati, ia mengaku jumlah donatur yang menitipkan kurban mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.


"Tahun ini bertambah. Kalau tahun lalu satu sapi dan tiga kambing, sementara tahun ini ada satu sapi dan enam kambing," imbuhnya.


Ia menjelaskan, bahwa setiap paket berisi setengah kilogram daging yang kemudian dibagikan ke beberapa tukang becak, penghuni panti asuhan, dan santri pondok pesantren yang ada di sekitar Kantor PCNU 1 Alun-alun Timur Lumajang.


"Kami bagikan dengan sistem kupon dan ada juga yang dibagi langsung. Terima kasih kepada para donator, semoga kurbannya diterima Allah dan bermanfaat untuk umat," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru