• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Metropolis

Momen Kurban, Berikut Manfaat Daging Kambing bagi Tubuh

Momen Kurban, Berikut Manfaat Daging Kambing bagi Tubuh
Daging segar untuk dikonsumsi. Foto: Istimewa
Daging segar untuk dikonsumsi. Foto: Istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Daging kambing biasanya melimpah saat momen kurban pada Idul Adha. Daging kurban memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh setelah dikonsumsi. Meski demikian, sebagian orang menghindari mengkonsumsi daging kambing karena khawatir berbahaya bagi kesehatannya.


dr Soviana Mahdiyaksa, salah satu dokter RSI Unisma menjelaskan, sesungguhnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh manusia. Salah satunya, kolesterol dibutuhkan untuk meningkatkan massa otot dalam tubuh kita.


“Misalkan daging kambing kan mengandung kolesterol, itu (kolesterol) dibutuhkan untuk mengatur hormon-hormon dalam tubuh kita, seperti hormon reproduksi, hormon pembentukan tulang dan hormon-hormon pertumbuhan lainnya,” katanya saat Live Instagram NU Online Jatim yang berkolaborasi dengan RSI Unisma pada Jumat (08/07/2022) siang.


Ia juga menjelaskan bahwa daging kambing terdapat banyak manfaat bagi tubuh. Seperti protein dalam kandungan daging kambing membentuk asam amino.


“Asam amino ini dibuat untuk membentuk massa otot, jadi untuk massa otot, kekuatan otot itu dibutuhkan protein,” terangnya.


Soviana menambahkan, dalam daging kambing juga terdapat zat besi. “Zat besi ini dapat membantu mengatasi kekurangan darah atau yang biasa disebut dengan anemia,” ungkapnya.


Menurutnya, yang tidak diperbolehkan adalah mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Karena jika berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan mengakibatkan berbagai macam penyakit. Seperti stroke, serangan jantung, juga bisa menyebabkan obesitas.


Penulis: Raga Robbani M


Editor:

Metropolis Terbaru