• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Tapal Kuda

Cara Unik Inaifas Jember Bagikan Daging Kurban Ramah Lingkungan

Cara Unik Inaifas Jember Bagikan Daging Kurban Ramah Lingkungan
Inaifas Kencong, Jember mendistribusikan daging kurban tanpa kantong plastik guna jaga lingkungan. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar-Rozi )
Inaifas Kencong, Jember mendistribusikan daging kurban tanpa kantong plastik guna jaga lingkungan. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar-Rozi )

Jember, NU Online Jatim
Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan dua ekor sapi dan lima ekor kambing itu dipusatkan di halaman kampus setempat. Uniknya, pendistribusian daging kurban tidak menggunakan kantong plastik sebagai spirit peduli lingkungan.


"Kegiatan ini merupakan program tahunan dalam rangka untuk merangkai kebersamaan dan kekompakan seluruh civitas akademika dan masyarakat sekitar kampus," kata Rektor Inaifas, Rijal Mumazziq Zionis pada Selasa (12/07/2022).


Tampak para panitia yang terdiri dari dosen, karyawan dan mahasiswa guyub rukun dalam bekerja untuk menyelesaikan penyembelihan dan pendistribusian daging kurban ke dhuafa dan masyarakat sekitar.


Pria kelahiran Jember 20 April 1984 ini bersyukur karena bisa tetap istiqamah setiap tahun dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban.


"Terima kasih kepada seluruh panitia serta beberapa pihak yang telah memberikan amanah hewan kurban kepada kami," tuturnya.


Sementara itu, ketua panitia kurban Rudi Lesmana mengungkapkan, tahun ini ada pembeda dari segi pengemasan daging kurban. Disebutkan, bahwa pengemasan daging kurban yang hendak dibagikan tidak menggunakan kantong plastik sebagaimana yang lumrah dilakukan.


"Iya, kali ini kita tidak menggunakan kantong plastik (kresek), tetapi menggunakan daun pisang dan besek atau wadah yang terbuat dari anyaman bambu," ungkapnya.


Menurutnya, penggunaan bahan tersebut dimaksudkan dalam rangka untuk mengurangi penggunaan sampah plastik di masyarakat, serta menjaga kebersihan lingkungan.


"Karena ibadah kurban juga melatih kepekaan kita terhadap lingkungan masyarakat. Semoga Allah menerima ibadah kurban kita semua,” pungkasnya.


Diketahui, kegiatan tersebut didukung oleh NU Care-LAZISNU Jatim, Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kencong, dan Dosen Inaifas. Selain itu, juga didukung Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI) Kencong, Nurul Hayat Surabaya, dan Yatim Mandiri Jember.


Penulis: Habib Aziz Ar-Rozi


Tapal Kuda Terbaru