• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Tapal Kuda

Pemuda di Pasuruan Ubah Cangkang Kerang Bernilai Ekonomis

Pemuda di Pasuruan Ubah Cangkang Kerang Bernilai Ekonomis
Kerajinan berbahan dasar cangkang kerang karya pemuda Kelurahan Pangungrejo Kota Pasuruan. (Foto: Winda Badiatul Jamilah).
Kerajinan berbahan dasar cangkang kerang karya pemuda Kelurahan Pangungrejo Kota Pasuruan. (Foto: Winda Badiatul Jamilah).

Pasuruan, NU Online Jatim

Limbah sering dijauhi oleh masyarakat. Mereka menganggap limbah itu kotor dan tidak memiliki manfaat. Padahal jika telaten untuk mengolahnya, maka limbah bisa menjadi barang berharga serta bernilai ekonomis.

 

Seperti yang dilakukan sejumlah pemuda di Kelurahan/ Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. Mereka mengolah limbah cangkakng kerang menjadi berbagai kerajinan yang bermanfaat.

 

Ketua Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Panggungrejo, Siti Chodijah mengatakan, kegiatan mengolah limbah cangkakng kerang ini untuk mengasah keterampilan dan kreatifitas para remaja.

 

"Alhamdulillah, untuk kegiatan ini dapat dukungan dari pihak kelurahan, sehingga para pemuda juga antusias sekali dengan kegiatan ini," ujarnya.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Panggungrejo, lebih tepatnya di Jl Jendral S Parman daerah setempat. Para pemuda setempat mengadakan kegiatan tersebut setelah shalat Isya’.

 

"Kita melihat di pesisir begitu banyak cangkang kerang, maka kita memanfaatkan cangkang kerang tersebut. Dengan mendaur ulang limbah yang melimpah di pesisir yaitu cangkang kerang supaya menjadi barang yang memiliki nilai jual," pungkasnya.

 

 

Adapun hasil karya para pemuda tersebut di antranya bros, lampu tidur, dan gantungan kunci. Semuanya berbahan dasar cangkang kerang yang diambil dari pesisir daerah setempat.

 

Penulis: Winda Badiatul Jamilah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru