• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

Resmi Dilantik, Pagar Nusa Bangil Diminta Jaga Marwah Organisasi

Resmi Dilantik, Pagar Nusa Bangil Diminta Jaga Marwah Organisasi
Prosesi pelantikan PC PSNU Pagar Nusa Bangil, Pasuruan. (Foto: NOJ/ M Ma'ruf Rois).
Prosesi pelantikan PC PSNU Pagar Nusa Bangil, Pasuruan. (Foto: NOJ/ M Ma'ruf Rois).

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdhlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Bangil resmi dilantik. Prosesi pelantikan dipusatkan di lapangan Desa Wonokoyo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan pada Ahad (24/10) pagi. Dalam kesempatan itu, para pengurus dan pendekar di Bangil diminta untuk menjaga kiai dan marwah organisasi.

 

Ketua PC Pagar Nusa Bangil, Ustadz Nur Sholeh menjelaskan, pelantikan PC PSNU Pagar Nusa ini merupakan agenda yang sempat diundur selama hampir 2 tahun.

 

“Sebelumnya, pelantikan ini akan dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19 sudah ada persiapan. Namun, ditunda kurang lebih 21 bulan,” ujarnya.

 

H Abdul Muchid, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Pagar Nusa Jawa Timur berharap kepada seluruh pendekar di cabang Bangil untuk senantiasa amanah menjalankan tugas dan menjaga nama baik organisasi.

 

“Saya berharap Pagar Nusa ini bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya Pagar Nusa ini masyarakat merasa aman, jangan sampai sebaliknya. Dengan adanya Pagar Nusa masyarakat merasa terancam,” ungkapnya.

 

Selain di hadiri oleh pimpinan wilayah, Zainul Munasichin perwakilan Pimpinan Pusat Pagar Nusa juga hadir pada prosesi pelantikan. Ia menyampaikan kepada para pendekar Pagar Nusa yang ada di Bangil untuk selalu mematuhi perintah kiai dan organisasi.

 

“Apa yang harus dilakukan oleh PC Pagar Nusa Bangil tidak boleh melenceng dari garis kebijakan yang diberikan oleh PCNU Bangil, dan juga kita semua harus bisa menjaga marwah organisasi NU maupun oraganisasi Pagar Nusa sendiri,” tegasnya.

 

Menurutnya, pendekar tidak boleh terpancing provokasi-provokasi yang ada di luar organisasi. “Tidak perlu terpancing provokasi yang ada di luar, yang akan menurunkan marwah dari kelasnya Pagar Nusa,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Sekertaris PCNU Bangil, H Abdul Rouf berharap Pagar Nusa bisa berkolaborasi dengan lembaga Pendidikan Ma’arif NU untuk memperluas dan mempercepat perkembangan dan daya jangkau Pagar Nusa.

 

 

“Semogo dengan keberadaan Pagar Nusa di Cabang Bangil ini bisa mewarnai kegiatan-kegiatan positif bernuansa jam’iyah Nahdlatul Ulama. Saya berharap pengurus yang baru dilantik bisa kolaborasi dengan Lembaga Ma’arif NU untuk melahirkan pendekar-pendekar di lingkungan pendidikan,” ungkapnya.

 

Penulis: Muhammad Ma’ruf Rois


Editor:

Tapal Kuda Terbaru