Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Pagar Nusa Probolinggo Unjuk Kebolehan saat Upacara Hari Santri

Pagar Nusa Probolinggo Unjuk Kebolehan saat Upacara Hari Santri
Atraksi para pendekar Pagar Nusa Kota Probolinggo saat Hari Santri. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi).
Atraksi para pendekar Pagar Nusa Kota Probolinggo saat Hari Santri. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi).

Probolinggo, NU Online Jatim

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Probolinggo dimeriahkan dengan atraksi Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Nahdatul Ulama setempat, Jumat (22/10).

 

Atraksi tersebut dilaksanakan sebelum dan setelah pelaksanaan upacara HSN yang dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Ketapang, Kademangan, Kota Probolinggo.

 

Ketua Pimpiman Cabang Pagar Nusa Kota Probolinggo Wasit mengatakan, pencak silat pagar nusa ini terlibat langsung di acara hari santri karena pagar nusa termasuk salah satu bagian dari santri.

 

"Alhamdulillah pagar nusa mendapatkan amanah tadi pagi untuk mewakili semua santri se-Kota Probolinggo untuk atraksi di Hari Santri Nasional," katanya.

 

Selama ini pagar nusa menjadi salah satu unsure tim pengamanan hari santri. "Ada atraksi pencak silat menggunakan toya atau tongkat kemudian dilanjutkan pencak silat seni tangan kosong yang menandakan kebersamaan, kekompakan, dan kratifitas," ucapnya.

 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, ada pula penampilan pencak silat seni menggunakan golok yang mengekspresikan ketajaman hati sebagai santri. Sedangkan yang terakhir panampilan ketangguhan (kekebalan) dari pagar nusa.

 

 

Oleh karenanya, ia berharap dari atraksi atau unjuk kebolehan pagar nusa di Hari Santri Nasional dapat membangkitkan semangat kebersamaan, kerukunan dan menambah kreatifitas para santri untuk terus berkarya.

Terkait

Tapal Kuda Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini