• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Tapal Kuda

Perkuat Silaturahim, PCNU Situbondo Terima Kunjungan Bamag

Perkuat Silaturahim, PCNU Situbondo Terima Kunjungan Bamag
PCNU Situbondo saat menerima kunjungan silaturahim dari Bamag. (Foto: NOJ/ M Fathurrahman P)
PCNU Situbondo saat menerima kunjungan silaturahim dari Bamag. (Foto: NOJ/ M Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo menerima kunjungan silaturahim dari Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kabupaten Situbondo di Kantor PCNU setempat, Sabtu (03/12/2022). Rombongan Bamag Situbondo diterima langsung oleh Ketua PCNU Situbondo KH Muhyiddin Khatib beserta jajarannya.


Ketua Bamag Situbondo, Dandun Eko Sujoko mengatakan, tujuan kunjungan ke Kantor PCNU Situbondo ialah untuk melakukan silaturahim dan memperkuat sinergi.


"Kami (Bamag) datang bersama beberapa pengurus siang ini mengunjungi Kantor PCNU Situbondo dengan tujuan silaturahim dan menjalin hubungan kembali setelah dua tahun belakangan ini renggang dikarenakan pandemi Covid-19," katanya.


Dirinya menambahkan, kunjungan tersebut dilaksanakan juga dalam rangka koordinasi menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang jatuh pada akhir Desember 2022 ini.


"Kita ketahui bahwa NU adalah organisasi keagamaan mayoritas, sehingga kita perlu mengadakan koordinasi untuk meningkatkan kedekatan dan keamanan antar umat agama," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua PCNU Situbondo KH Muhyiddin Khatib menyambut baik kunjungan perwakilan pengurus Bamag tersebut. Menurutnya, hal tersebut merupakan bukti kedekatan hubungan NU dengan non-Muslim.


"Ini menunjukkan bahwa hubungan NU dengan agama Kristiani sangat dekat dalam hal kebangsaan," ujar kiai yang juga Sekretaris Jenderal Majelis Masyayikh Kemenag RI tersebut.


Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa silaturahim ini sangat penting untuk saling menjaga hubungan baik antar pemuka agama di Kabupaten Situbondo.


"Sebab, dengan ini kita bisa saling menjaga hubungan antar agama, karena kita tahu di Situbondo ini terdiri dari berbagai pemeluk agama, tidak hanya Islam saja," terangnya.


Perihal Nataru, pihaknya nantinya akan menginstruksikan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk membantu aparat kepolisian guna menjaga keamanan pelaksanaan Nataru.


"Ini semua bertujuan untuk menjaga agar perayaan Nataru berjalan dengan lancar dan aman," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru