• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Tapal Kuda

Perkuat Wawasan Kebangsaan, NU Pasuruan Gelar Ziarah Rais Aam

Perkuat Wawasan Kebangsaan, NU Pasuruan Gelar Ziarah Rais Aam
Rombongan NU Pasuruan ketika di makam KH Wahab Chasbullah. (Foto: NOJ/Makhfud)
Rombongan NU Pasuruan ketika di makam KH Wahab Chasbullah. (Foto: NOJ/Makhfud)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menggelar Ziarah Makam Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di wilayah Jawa Timur, Selasa (29/11/2022).

 

Rute ziarah dimulai ke maqbarah KH A Wahab Chasbullah, KH Bisri Syansuri, dan KH Hasyim Asy'ari di Jombang. Kemudian menuju maqbarah KH Ahmad Shiddiq di Kediri. Ziarah diakhiri ke makam Presiden Soekarno di Blitar.

 

Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin menyebutkan, kegiatan ziarah bertujuan napak tilas dan mencari barakah muassis Nahdlatul Ulama sekaligus memperkuat wawasan kebangsaan.

 

"Biasanya acara wawasan kebangsaan itu dengan diskusi dan seminar, kali ini diisi dengan ziarah Rais Aam," imbuhnya saat memberikan sambutan pemberangkatan ziarah.

 

Ia menambahkan, separuh isi dalam al-Quran berisi tentang sejarah. Sehingga sangat penting mempelajari sejarah khususnya perjuangan Rais Aam dalam membangun agama, bangsa, dan negara.

 

"Bung Karno pernah meminta saran Mbah Wahab Chasbullah untuk membuat kegiatan yang dapat menyatukan tokoh nasional dan politik waktu itu, maka digagaslah Halal Bihalal," ujarnya.

 

Gus Ipong mengimbau dalam ziarah nantinya untuk selalu bertawassul dan berdoa untuk kepentingan pribadi, keluarga, organisasi, bangsa, dan negara.

 

"Bertawassul dan berdoa agar hajat pribadi dapat terkabul. Kemudian agar kita semuanya, masyarakat Pasuruan khususnya, dapat terhindar dari segala macam musibah," tandas salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Besuk itu.

 

Diketahui, rombongan ziarah diikuti oleh perwakilan Pengurus Harian PCNU dan lembaga, Pimpinan Cabang (PC) Badan Otonom (Banom), serta perwakilan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-PCNU Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru