• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Tapal Kuda

Silaturahim ke PCNU Banyuwangi, Pemuda Pancasila Bahas Pemulihan Ekonomi

Silaturahim ke PCNU Banyuwangi, Pemuda Pancasila Bahas Pemulihan Ekonomi
Silaturahim Pemuda Pancasila Banyuwangi ke PCNU Banyuwangi. (Foto: NOJ/LN)
Silaturahim Pemuda Pancasila Banyuwangi ke PCNU Banyuwangi. (Foto: NOJ/LN)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Sambung sinergitas menjadi langkah yang diambil oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Banyuwangi dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Pancasila Banyuwangi. Langkah ini membahas program percepatan pemulihan ekonomi di tengah gempuran pandemi Covid-19 di Bumi Blambangan.

 

Hal tersebut dibuktikan dengan agenda silaturahim yang dilakukan oleh DPC Pemuda Pancasila Banyuwangi ke kantor PCNU Banyuwangi, Jenderal Ahmad Yani Nomor 59, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang diterima langsung oleh Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini. pada, Selasa (09/03/2021) siang.

 

Selain membahas tentang pemulihan ekonomi, dalam silaturahim ini juga membicarakan persamaan ideologi dan tujuan yang seiring antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Pemuda Pancasila.

 

Diskusi berjalan dengan interaktif dan hangat, berbagai persoalan ekonomi gayeng dibahas untuk mencari solusi terbaik. Salah satu program yang dibicarakan dalam agenda ini adalah tentang pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta bantuan langsung untuk masyarakat miskin di kabupaten Banyuwangi.

 

Ketua DPC Pemuda Pancasila Banyuwangi, Zamroni mengatakan selama ini Pemuda Pancasila Banyuwangi telah melaksanakan banyak program kemasyarakatan, mulai dari peternakan hingga UMKM.

 

"Dalam agenda silaturahim ini, Pemuda Pancasila Banyuwangi bersama-sama bergerak untuk kepentingan masyarakat terutama dalam bidang ekonomi. Selain itu silaturahim ini juga menjadi langkah baik untuk Pemuda Pancasila dan PCNU ke depannya," kata Zamroni.

 

Dirinya menambahkan, selama ini Pemuda Pancasila juga telah menjalankan program yang berdampak positif untuk masyarakat.

 

"Mulai dari pendampingan para peternak sapi, kambing serta pengembangan produk UMKM," tambahnya.

 

Sementara itu, Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini menyampaikan pentingnya sinergitas antara seluruh elemen dalam menjangkau kebutuhan masyarakat setelah satu tahun lebih menghadapi pandemi Covid-19.

 

"Kami dari PCNU Banyuwangi telah melaksanakan banyak program yang manyasar pada para fakir miskin. Tentunya masih banyak yang harus dikerjakan akan tetapi perlu adanya kolaborasi yang baik antar semua organisasi," ujar Gus Makki sapaan akrabnya.

 

Deretan Program PCNU Banyuwangi juga disampaikan oleh Gus Makki. Fokus dalam percepatan pemulihan ekonomi memang manjadi target utama yang sedang dijalankan selama ini. 

 

"Mulai dengan adanya bantuan secara serentak yang dilaksanakan oleh NU Care-Lembaga Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Banyuwangi hingga pemetaan potensi sumberdaya manusia melalui program Sobo Deso yang dilaksanakan pada Lebih dari 125 desa di kabupaten Banyuwangi," jelasnya.

 

Untuk itu, dengan adanya agenda silaturahim antara Pemuda Pancasila Banyuwangi dan PCNU Banyuwangi ini diharapkan bisa melahirkan gagasan yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di tengah wabah pandemi Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi.

 

"Maka kami berharap, silaturahim ini bisa menghasilkan ide-ide strategis untuk pemulihan perekonomian masyarakat," pungkasnya.

 

Pewarta : Lukman Nawawi​​​​​​​

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru