Pancasila Selaras dengan Ajaran Islam, Keadilan Sosial Jadi Bukti
Senin, 2 Juni 2025 | 20:00 WIB
“Kenapa harus adil? Memangnya tidak cukup jadi baik aja?”
Pertanyaan ini sering muncul, terutama di tengah kondisi sosial yang serba cepat dan penuh dinamika. Tapi dalam Islam dan nilai-nilai bangsa Indonesia, keadilan itu bukan cuma pelengkap, ia adalah fondasi. Keadilan bukan hanya tugas penguasa atau aparat hukum, tapi juga nilai hidup yang harus dipraktikkan oleh setiap orang.
Al-Qur’an menjelaskan keadilan (al-‘adl) sebagai perintah utama dari Allah, bukan sekadar etika sosial. Salah satu ayat yang sangat kuat menegaskan hal ini adalah surat An-Nahl ayat 90:
ADVERTISEMENT BY OPTAD
اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
Artinya: “Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil, berbuat kebajikan, dan memberikan bantuan kepada kerabat. Dia (juga) melarang perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pelajaran kepadamu agar kamu selalu ingat.”
ADVERTISEMENT BY ANYMIND
Imam Ibnu Katsir menafsirkan bahwa “adil” di sini bermakna seimbang dan proporsional, termasuk dalam konteks ibadah dan relasi sosial. Nilai ini menekankan keseimbangan antara lahir dan batin (antara ucapan dan tindakan). (Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur'an Al-Adzmin, [Riyadh: Daar Tayyibah: 1999 M/1420 H], juz IV, halaman 595).
Menariknya, dalam Pancasila kita juga menemukan prinsip serupa, khususnya dalam sila kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Di sini, keadilan tidak dibatasi hanya untuk komunitas mayoritas atau kelompok tertentu, tapi berlaku merata untuk semua, tanpa kecuali. Ini sangat sejalan dengan firman Allah SWT yang berbunyi:
ADVERTISEMENT BY OPTAD
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ لِلّٰهِ شُهَدَاۤءَ بِالْقِسْطِۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْاۗ اِعْدِلُوْاۗ هُوَ اَقْرَبُ لِلتَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penegak (kebenaran) karena Allah (dan) saksi-saksi (yang bertindak) dengan adil. Janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlakulah adil karena (adil) itu lebih dekat pada takwa. Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Maidah: 8).
ADVERTISEMENT BY ANYMIND
Ayat ini bukan hanya menunjukkan pentingnya sikap adil dalam berbagai interaksi sosial, akan tetapu juga mengingatkan kita bahwa adil itu sulit —apalagi kalau sedang emosi atau tidak suka terhadap seseorang. Tapi justru di saat itulah keadilan diuji.
Maka dari itu keadilan adalah hak yang harus dijaga, karena jika terjadi ketidakadilan dalam suatu masyarakat, hal tersebut akan menimbulkan berbagai kerusakan di tengah-tengah mereka. Sebagaimana penjelasan Syekh Wahbah Zuhaili berikut:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْحَقِّ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ، لَا لِأَجْلِ النَّاسِ وَالسُّمْعَةِ، أَيْ بِالْإِخْلَاصِ لِلَّهِ فِي كُلِّ مَا تَعْمَلُونَ مِنْ أَمْرِ دِينِكُمْ وَدُنْيَاكُمْ. شُهَدَاءَ بِالْحَقِّ وَالْعَدْلِ بِلَا مُحَابَاةٍ وَلَا جَوْرٍ، سَوَاءً لِلْمَشْهُودِ لَهُ أَوْ عَلَيْهِ، أَيْ أَدُّوا الشَّهَادَةَ بِالْعَدْلِ؛ لِأَنَّ الْعَدْلَ هُوَ مِيزَانُ الْحُقُوقِ، إِذْ مَتَى وَقَعَ الْجَوْرُ فِي أُمَّةٍ انْتَشَرَتِ الْمَفَاسِدُ فِيمَا بَيْنَهَا
ADVERTISEMENT BY ANYMIND
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sekalian orang-orang yang menegakkan kebenaran karena Allah SWT bukan karena manusia dan bukan pula karena menginginkan sum'ah (popularitas, ketenaran, ingin dipuji orang). Yaitu, dengan penuh keikhlasan hanya karena Allah SWT dalam segala apa yang kamu perbuat dari urusan agama dan dunia kalian.”
Jadilah kamu sekalian para saksi yang memberikan kesaksian dengan benar, jujur, objektif, adil, dan apa adanya, tanpa memihak dan tidak pula menzalimi, baik terhadap al-Masyhuud lahu (pihak yang diringankan oleh kesaksian) maupun terhadap al-Masyhuud 'alaihi (pihak yang diberatkan oleh kesaksian). Yaitu, berikanlah kesaksian dengan adil, jujur, benar dan objektif, karena adil merupakan neraca hak. Sebab, kapan sikap-sikap korup dan zalim terjadi di suatu umat, berbagai kerusakan akan tersebar di tengah-tengah mereka. (Syekh Wahbah Zuhaili, Tafsir Munir, [Beirut: Darul Fikr Mu'ashirah, 1991 M], jilid VI, halaman 118).
Nilai keadilan dalam Al-Qur’an juga akan melahirkan perdamaian, karena tidak ada yang namanya perdamaian tanpa keadilan, dan tidak ada keadilan tanpa kejujuran yang disertai ketegasan dalam menegakkan kebenaran.
Lebih jauh lagi, dalil tentang ash-shulh (perdamaian) terdapat dalam surat Al-Hujurat ayat 9, yang menggambarkan perdamaian sebagai solusi untuk menyelesaikan konflik. Allah SWT berfirman:
وَاِنْ طَاۤئفَتٰنِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اقْتَتَلُوْا فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَاۚ فَاِنْۢ بَغَتْ اِحْدٰى هُمَا عَلَى الْاُخْرٰى فَقَاتِلُوا الَّتِيْ تَبْغِيْ حَتّٰى تَفِيْۤءَ اِلٰٓى اَمْرِ اللّٰهِ ۖفَاِنْ فَاۤءَتْ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَاَقْسِطُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ
Artinya: "Jika ada dua golongan orang-orang mukmin bertikai, damaikanlah keduanya. Jika salah satu dari keduanya berbuat aniaya terhadap (golongan) yang lain, perangilah (golongan) yang berbuat aniaya itu, sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah. Jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), damaikanlah keduanya dengan adil. Bersikaplah adil! Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersikap adil.”
Pada ayat di atas, Allah SWT memberi panduan konkret bagi umat Muslim ketika menghadapi pertikaian. Jika dua kelompok bertikai, perintahnya jelas: damaikan dengan adil. Bahkan jika salah satu melampaui batas, intervensi dibenarkan untuk mengembalikan keadaan sesuai kehendak Allah.
Imam Thabari menegaskan bahwa keadilan dalam mendamaikan konflik tidak boleh berdasarkan kepentingan pribadi, melainkan dengan mengikuti hukum Allah serta harus dilakukan berdasarkan keadilan, bukan atas dasar kepentingan pribadi atau golongan, untuk menjamin keutuhan dan keadilan sosial. Simak penjelasan Imam Thabari berikut:
يَقُولُ تَعَالَى ذِكْرُهُ: وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنْ أَهْلِ الْإِيمَانِ اقْتَتَلُوا، فَأَصْلِحُوا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ بَيْنَهُمَا بِالدُّعَاءِ إِلَى حُكْمِ كِتَابِ اللَّهِ، وَالرِّضَا بِمَا فِيهِ لَهُمَا وَعَلَيْهِمَا، وَذَٰلِكَ هُوَ الْإِصْلَاحُ بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ.
Artinya: Allah Ta’ala berfirman: “Dan jika ada dua kelompok dari kaum Mukminin yang berperang, maka damaikanlah antara keduanya wahai orang-orang yang beriman,” yaitu dengan menyeru keduanya untuk tunduk kepada hukum Kitab Allah, dan menerima isi kandungannya, baik yang menguntungkan mereka maupun yang membebani mereka. Itulah yang disebut dengan mendamaikan keduanya secara adil. (Imam Thabari, Tafsir Jami'ul Bayan, [Makkah: Darul Tarbiyah wa Turats,tt] Jilid XXII, halaman 292).
Kesimpulannya, apa yang diajarkan Al-Qur’an tentang keadilan ini ternyata juga relevan dalam konteks Pancasila sebagai dasar negara. Keadilan sosial tidak hanya berarti pembagian kekayaan negara, tapi juga mencakup bagaimana masyarakat menyelesaikan perbedaan, menjalankan hukum, dan memastikan semua orang mendapatkan haknya. Keadilan menjadi instrumen untuk menjaga harmoni dalam keberagaman.
Seringkali kita mengira bahwa keadilan hanya berlaku dalam konteks besar seperti pengadilan atau parlemen. Padahal, ajaran Islam dan nilai-nilai Pancasila mengajarkan bahwa adil itu dimulai dari hal kecil seperti tidak pilih kasih kepada teman, tidak menyebarkan hoaks, hingga berani menyampaikan kebenaran walau pahit. Dalam kehidupan digital hari ini, keadilan bahkan bisa berarti tidak langsung menghakimi di media sosial dan memberi ruang untuk dialog sehat.
Dengan pendekatan tafsir tematik, kita bisa melihat bahwa Al-Qur’an menyusun gambaran utuh tentang pentingnya keadilan sebagai pondasi hidup yang diridhoi Allah. Begitu pula Pancasila meletakkan keadilan sebagai arah hidup berbangsa dan bernegara. Keduanya sama-sama mengajak kita, sebagai umat Islam, untuk tidak hanya menuntut keadilan dari luar, tapi juga menjadikannya karakter dari dalam diri.
Tentu, keadilan bukan cuma slogan, tapi jalan panjang menuju keberkahan dan kedamaian. Dan bila kalian ingin jadi pribadi bertakwa sesuai ajaran Islam sekaligus warga negara yang berintegritas, mulailah dari satu hal sederhana: berlaku adil setiap hari, kepada siapa saja dan dalam hal apa saja. Wallahu a'lam.
ADVERTISEMENT BY ANYMIND