Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Tapal Kuda

Cara Unik Inaifas Jember Berbagi Kado Lebaran bareng Yatim

Cara unik dilakukan Inaifas dalam memberikan santunan kepada yatim. (Foto: NOJ/Habib A)

Jember, NU Online Jatim
Bulan Ramadhan ini, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember kembali menyelenggarakan program bingkisan lebaran bagi yatim.  Program merupakan kali kedua setelah diselenggarakan tahun 2021 yang merupakan serangkaian acara Semarak Ramadhan 1443 H yang digelar kampus setempat. 


Johan Idrus Tofaynuddin, menjelaskan telah memberikan setidaknya 31 bingkisan lebaran kepada yatim di sekitar kampus wilayah Jombang, Kencong dan Gumukmas.


"Anak-anak yatim kami undang, kami ajak shalat tarawih kemudian berangkat menuju pasar maupun toko tradisional di Kencong yang telah bekerja sama dengan Inaifas," terang penanggung jawab teknis acara tersebut.


Adapun skema penyaluran ada 3 kategori. Pertama, yatim mendapatkan voucher belanja, yang dibelanjakan sesuai kebutuhan dan seleranya. Kedua, mereka mendapatkan bingkisan alat sekolah hingga buku panduan shalat dan Al-Qur'an. Ketiga, mendapatkan uang saku lebaran.


Menurut Johan, cara seperti ini dipakai karena lebih efektif. Sebab anak yatim bisa memilih busana secara leluasa sesuai selera. Selebihnya, belanja di pasar tradisional juga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat bawah.


"Tujuan dari kegiatan ini tak lain ialah untuk menyejahterakan anak yatim dalam hal material maupun non meterial, mewujudkan kepedulian terhadap anak yatim serta menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan," jelas dia. 


Pada malam puncak Semarak Ramadhan 1443 H yang akan dihelat pada 21 April 2022 di Kampus Inaifas, ada tambahan penerima untuk 10 yatim. Rangkaian acara di antaranya pembacaan khatmil Qur'an oleh mahasiswa, pembacaan juz amma oleh seluruh struktur, dosen dan staf hingga karyawan. Selanjutnya dilakukan pembagian bingkisan dan beasiswa akademik dan non akademik, di antaranya beasiswa PMII, IPNU-IPPNU, modal usaha dan, tahfidz.


Lebih lanjut, Rektor Inaifas Kencong, Jember, Rijal Mumazziq Zionis, mengatakan program bingkisan lebaran yatim tahun ini semakin banyak dukungan dari lembaga lain. Hal itu berkat buah kerja sama dan dukungan dari beberapa pihak, di antaranya Lembaga Yatim Mandiri, Nurul Hayat, NU Care LAZISNU Cabang Kencong, NU Care LAZISNU Jawa Timur, Founder Dunia Santri Comunity, BSI Kencong, UD Berkah Jati Mulyo Jombang, UMMI Foundation, UPZIS Inaifas dan, para donatur perseorangan. 


"Semoga program bingkisan lebaran yatim ini menjadi program rutin pada momentum Ramadhan ataupun harlah Inaifas dan semoga juga semakin banyak yang berkontribusi dalam program ini," tandasnya.

 

Penulis: Habib Aziz Ar Rozi 

Syaifullah
Editor: Nur Faishal

Artikel Terkait