• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 4 Maret 2024

Kediri Raya

Gus Iqdam Jelaskan Keistimewaan Bulan Dzulhijjah

Gus Iqdam Jelaskan Keistimewaan Bulan Dzulhijjah
Gus Iqdam. (Foto: NOJ/tangkapan layar)
Gus Iqdam. (Foto: NOJ/tangkapan layar)

Blitar, NU Online Jatim

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari empat bulan istimewa dalam Islam dan memiliki banyak keistimewaan. Hal tersebut dijelaskan oleh Agus Muhammad Iqdam Kholid, Pengasuh Majelis Taklim Sabiluttaubah, Pondok Pesantren Mambaul Hikam II, Senin (19/06/2023).

 

Menurut pendakwah yang digandrungi kaum milenial ini, bulan Dzulhijjah memiliki nilai yang luar biasa dalam sejarah dan ibadah umat Muslim. Seperti yang dijelaskan dalam surat At-taubah ayat 36, terdapat penjelasan bahwa Allah mengistimewakan empat bulan, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

 

“Dan bulan Dzulhijjah ini memiliki keistimewaan khusus yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya, ini dijelaskan oleh Imam Al Barri dalam kitab Fathul Barri Juz 3 halaman 390,” jelasnya.

 

Dalam kitab tersebut dijelaskan terdapat empat ibadah penting yang hanya dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Pertama, Sholat Idul Adha, yang merupakan salah satu momen penting dalam agama Islam. 

 

“Selain itu, terdapat juga puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah yang memiliki ganjaran yang besar jika dilakukan dengan niat yang tulus,” ujarnya.

 

Gus Iqdam juga menjelaskan bahwa terdapat sejarah yang mulia terkait 10 hari pertama dalam bulan Dzulhijjah. Menurut Ibnu Abbas, dalam periode ini terjadi beberapa peristiwa penting, seperti dimaafkannya Nabi Adam oleh Allah, penyelamatan Nabi Yunus dari ikan paus, dikabulkannya doa Nabi Zakaria yang menginginkan seorang anak sholeh bernama Nabi Yahya, serta hari kelahiran Nabi Isa dan Nabi Musa. 

 

“Hari-hari itu juga melambangkan kemenangan para nabi dalam memperjuangkan agama tauhid dan ditutupnya pintu neraka,” teranfbya.

 

Selanjutnya, bulan Dzulhijjah juga dikenal dengan ibadah kurban dan haji. Qurban merupakan amal kebaikan yang sangat dianjurkan selama bulan ini, sedangkan haji merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu melaksanakannya. Oleh karena itu, sangat beruntung sekali bagi orang-orang yang dapat menyambutnya dengan kebaikan, salah satunya dengan mengaji.

 

"Dalam bulan yang mulia ini, mari manfaatkan untuk beramal kebaikan. Jika kita melakukan amal sholeh dan kebaikan, saya yakin kesulitan yang kita alami saat ini akan hilang. Sebab dengan istiqamah dalam melakukan kebaikan, kita akan mendapatkan pertolongan dari Allah," jelas Gus Iqdam.

 

Dengan penjelasan yang jelas dan memotivasi, Gus Iqdam mengajak umat Muslim untuk memanfaatkan bulan Dzulhijjah dengan baik jangan sampai digunakan untuk berbuat buruk.

 

“Karena di bulan yang diistimewakan dan penuh berkah ini memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah melalui amal kebaikan yang kita lakukan,” tandasnya.


Kediri Raya Terbaru