• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Kediri Raya

Kompak, Mahasiswa UNU Blitar Galang Dana untuk Berkurban

Kompak, Mahasiswa UNU Blitar Galang Dana untuk Berkurban
Penyaluran daging kurban oleh Mahasiswa UNU Blitar ke lembaga pemasyarakatan (lapas) di Blitar. (Foto: NOJ/INF).
Penyaluran daging kurban oleh Mahasiswa UNU Blitar ke lembaga pemasyarakatan (lapas) di Blitar. (Foto: NOJ/INF).

Blitar, NU Online Jatim

Momentum Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah dimanfaatkan betul oleh seluruh mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar.  Melalui Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dilakukan bakti sosial kurban. Kegiatan dipusatkan di Kampus 1 UNU Blitar, Jalan Masjid Nomor 22 Kota Blitar, Kamis (22/07/2021).

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ahmad Izzuddin sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Mengingat, kegiatan ini merupakan kali pertama digelar di UNU Blitar.

 

Ia menambahkan, bahwa hal tersebut merupakan bakti sosial mahasiswa kepada masyarakat dalam memperingati Hari Raya Idul Adha. Dinamakan bakti sosial, sebab kegiatan ini dilakukan dengan penggalangan dana dari seluruh mahasiswa untuk dibelikan hewan kurban.

 

“Kami berharap, tahun depan kegiatan serupa bisa dipersiapkan lebih matang dan berkurban lebih banyak lagi,” ujar Izzuddin.

 

Sementara, Presiden Mahasiswa (Presma) BEM UNU Blitar, Diah Rizqy Amalia menjelaskan, bakti sosial tersebut merupakan salah satu bentuk pembelajaran kepada mahasiswa untuk melakukan pengabdian di masyarakat.

 

“Agar nanti ketika terjun ke masyarakat tidak canggung dan bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh,” ungkap Diah.

 

Diah menambahkan, secara teknis kegiatan ini diawali dengan penggalangan dana untuk membeli hewan kurban, melalui ormawa yang ada di UNU Blitar. Kemudian dilanjut dengan penyembelihan hewan kurban serta penyaluran dagingnya ke empat Panti Asuhan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten dan Kota Blitar.

 

“Kami berharap, kegiatan ini dapat diteruskan oleh periode seterusnya dengan jumlah partisipasi yang lebih banyak lagi,” tandasnya.

 

Kegiatan dipungkasi dengan istighotsah dan tasyakkuran bersama seluruh Civitas Akademika dan perwakilan mahasiswa UNU Blitar.

 

Editor: A Habiburrahman


Kediri Raya Terbaru