• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Kediri Raya

Lestarikan Budaya, Begini Cara IPNU IPPNU Bumi Gayatri Gelar Pelantikan

Lestarikan Budaya, Begini Cara IPNU IPPNU Bumi Gayatri Gelar Pelantikan
Pagelaran wayang kulit IPNU IPPNU Boyolangu, Tulungagung. (Foto: NOJ/PH)
Pagelaran wayang kulit IPNU IPPNU Boyolangu, Tulungagung. (Foto: NOJ/PH)

Tulungagung, NU Online Jatim

Ada yang berbeda dari pelantikan yang digelar oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Pelantikan yang diadakan pada Ahad (14/03/2021) ini menampilkan pagelaran wayang kulit lengkap dengan dalang, sinden dan pemukul gamelan serta alat-alat musik pengiring lainnya.

 

Saat ditemui Tim NU Online Jatim, Siska Ayu Cahya Kartika Putri sebagai Ketua PAC IPPNU Kecamatan Boyolangu menjelaskan bahwa pagelaran wayang sebagai komitmen awal kepengurusan untuk senantiasa menjaga keragaman budaya Indonesia, khususnya budaya di Nahdlatul Ulama (NU).

 

"Dalang dalam pagelaran wayang kulit adalah Wisnu Kurniawan. Ia ketua Pimpinan Ranting (PR) IPNU Desa Beji, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung dengan membawakan lakon Pandawa Syukur," kata Siska.

 

Pandawa Syukur menceritakan tentang bela negara dan perbedaan yang harus disikapi dengan saling menghargai dan menghormati. 

 

Pelantikan yang mengangkat tema 'Pelajar NU Bumi Gayatri, Nyawiji, Ngudi Budaya Lestari' tersebut juga menghadirkan tarian Bujang Ganong dan Gambyong yang mengiringi proses pelantikan pengurus PAC IPNU IPPNU Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung masa khidmat 2020-2022. Menurut Siska, kedua tarian tersebut sebagai lambang bahwa pintu perjuangan telah dibuka.

 

"Pemain dalam pagelaran wayang kulit serta penari yang mengiringi proses pelantikan merupakan kader IPNU IPPNU Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Hal ini menunjukan bahwa potensi luar biasa dimiliki oleh kader IPNU IPPNU di Kecamatan Boyolangu yang biasa disebut Bumi Gayatri ini," tutur Siska dengan penuh semangat.

 

Seluruh tamu undangan terpesona dengan konsep pelantikan PAC IPNU IPPNU Kabupaten Boyolangu.

 

"Pelantikan kali ini berbeda dari biasanya. Banyak inovasi yang dikemas dengan kreativitas oleh kader-kader PAC IPNU IPPNU Kecamatan Boyolangu," ungkap Nanda Putri yang hadir dilokasi.

 

Editor: Risma Savhira


Kediri Raya Terbaru