• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Kediri Raya

Tutup Semester Genap, Mahasiswa UNU Blitar Gelar Pameran Media Pembelajaran

Tutup Semester Genap, Mahasiswa UNU Blitar Gelar Pameran Media Pembelajaran
Penampilan dari salah satu mahasiswa PBI UNU Blitar dalam ‘Pameran Media Pembelajaran dan Gelar Karya Teatrikal Puisi’. (Foto: NOJ/INF).
Penampilan dari salah satu mahasiswa PBI UNU Blitar dalam ‘Pameran Media Pembelajaran dan Gelar Karya Teatrikal Puisi’. (Foto: NOJ/INF).

Blitar, NU Online Jatim

Dalam rangka menyambut berakhirnya semester genap tahun ajaran 2020/2021, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menggelar Pameran Media Pembelajaran dan Gelar Karya Teatrikal Puisi.

 

Kegiatan dipusatkan di aula M-37 UNU Blitar, Jum’at (02/06/2021). Karena masih dalam pandemi, kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Salah satunya mahasiswa yang memasuki area dilakukan cek suhu dan cuci tangan.

 

Dosen mata kuliah Sumber Media dan Pembelajaran, Redhitya Wempi Ansori menjelaskan, bahwa pameran ini bertujuan sebagai aktualisasi ilmu yang sudah didapat saat perkuliahan.

 

“Kalau biasanya Ujian Akhir Semester (UAS) hanya tes kemudian dilakukan penilaian, itu sudah biasa. Makanya, kami mencoba gaya baru semacam ini agar berbeda dengan yang lain,” ujarnya.

 

Dirinya menambahkan, adanya pameran dan gelar karya teatrikal ini dimaksukan agar potensi-potensi yang ada pada diri seorang mahasiswa bisa terealisasi melalui sebuah karya.

 

“Kegiatan ini juga untuk menggali potensi atau karya yang dimiliki mahasiwa,” ungkap Wempi.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Agus Yulianto, pengampu mata kuliah Kajian Apresiasi Puisi. Ia mengungkapkan, adanya gelar karya teatrikal puisi ini merupakan wujud implementasi dari materi yang sudah diperoleh, serta untuk menambah pengalaman dan wawasan mahasiswa.

 

“Kegiatan ini bertujuan agar ketika mahasiswa sudah lulus, memiliki bekal serta pengalaman yang mumpuni, sehingga siap berbagi kepada khalayak,” tutur Yulianto.

 

Yulianto juga menerangkan, karena dalam masa pandemi, maka untuk teatrikal puisi tidak semuanya ditampilkan secara langsung. Semua karya yang sudah dibuat oleh mahasiswa tersebut akan diunggah di kanal Youtube PBI UNU Blitar.

 

“Semoga ke depan kegiatan ini dapat istiqamah untuk menampilkan karya dari mahasiswa. Tentunya dengan konsep yang lebih meriah, lebih keren, dan lebih terencana dengan matang,” pungkasnya.

 

 

Untuk diketahui, bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan di kampus kebanggan Nahdliyin Blitar ini. Kegiatan tersebut disebut sebagai kolaborasi apik antar mata kuliah, meliputi mata kuliah Sastra Anak, Kajian Apresiasi Puisi, dan Sumber Media dan Pembelajaran.

 

Kepala Prodi PBI, Agus Hermawan, turut hadir dan menyaksikan acara yang dibuka untuk umum seluruh mahasiswa UNU Blitar ini.

 

Editor: A Habiburrahman


Kediri Raya Terbaru