• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Keislaman

Mandi di Hari Jumat, Afdhalnya Jam Berapa?

Mandi di Hari Jumat, Afdhalnya Jam Berapa?
Waktu yang paling baik untuk mandi adalah ketika mau ke masjid. (Foto: NOJ/NU Network).
Waktu yang paling baik untuk mandi adalah ketika mau ke masjid. (Foto: NOJ/NU Network).

Banyak ibadah yang disarankan kepada umat Islam saat berada di hari Jumat. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Jumat tidak sama dengan hari lain. Jumat adalah hari istimewa, karenanya juga harus diperlakukan dengan istimewa pula.


Jumat merupakan hari yang paling mulia dalam Islam. Dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat banyak amalan utama dan kesunahan. Laki-laki misalnya diwajibkan shalat Jumat pada hari tersebut dan mengerjakan berbagai amalan sunah sebelum shalat Jumat. 


Di antara amalan yang disunnahkan sebelum Jumat adalah mandi. Anjuran mandi tersebut terdapat dalam hadis riwayat Ibnu Abbas: 


 إِنَّ هَذَا يَوْمُ عِيدٍ جَعَلَهُ اللَّهُ لِلْمُسْلِمِينَ، فَمَنْ جَاءَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ، وَإِنْ كَانَ طِيبٌ فَلْيَمَسَّ مِنْهُ، وَعَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ 


Artinya: Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak). (HR Ibnu Majah). 


Sebab itu, Syekh M Nawawi Banten dalam Nihayatuz Zain mengatakan:  


و(سن لمريدها) أي لمن أراد حضور الجمعة (الغسل) وإن لم تجب عليه 


Artinya: Orang yang akan shalat Jumat disunahkan mandi meskipun itu tidak wajib untuknya.


Kemudian ia menambahkan: 


ووقته (بعد فجر) أي من طلوع الفجر الصادق إلى صعوب الخطيب على المنبر أو إلى فراغ الصلاة وتقريبه من ذهابه إلى الجمعة أفضل لأنه أفضى إلى المقصود من انتفاء الروائح الكريهة 


Artinya: Waktunya setelah shalat shubuh, maksudnya dari terbit fajar shadiq sampai khatib naik mimbar, atau setelah selesai shalat dan mandi saat mau pergi shalat Jumat lebih utama karena lebih dekat kepada tujuan, yaitu untuk menghilangkan bau yang tidak enak. 


Berdasarkan pendapat Syekh M Nawawi, waktu kesunahan mandi Jumat adalah dari terbit fajar shadiq atau masuknya waktu shubuh sampai khatib naik mimbar. Tetapi, waktu yang paling baik untuk mandi adalah ketika kita mau ke masjid. Misalkan, jam 11.30 kita mau ke masjid, maka seketika itu kita disunahkan mandi sebelum berangkat karena salah satu tujuan dari mandi Jumat adalah untuk menghilangkan bau tidak enak. 


Kalau mandi terlalu pagi dan tidak mandi lagi saat pergi ke masjid, khawatirnya badan kita bau lagi dan menganggu konsentrasi orang yang sedang beribadah. Maka dari itu, lebih utama mandi sebelum berangkat shalat Jumat, serta memakai wangi-wangian agar ibadah semakin nyaman dan orang yang shalat di sekitar kita juga tidak terganggu. Wallahu a’lam. 


Keislaman Terbaru