• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Madura

NU Peduli Semeru

Donasi Erupsi Semeru dari Sumenep dan Kediri Terus Mengalir

Donasi Erupsi Semeru dari Sumenep dan Kediri Terus Mengalir
Penggalangan dana oleh Pagar Nusa di Kediri . (Foto: NOJ/A Muwaffaq)
Penggalangan dana oleh Pagar Nusa di Kediri . (Foto: NOJ/A Muwaffaq)

Sumenep, NU Online Jatim
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, KH A Pandji Taufiq mengatakan bahwa Pengurus Cabang (PC) NU Care – Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep, telah berangkat ke Lumajang bersama rombongan. Hal tersebut dikatakan saat bahtsul masail dan konsolidasi organisasi di Pondok Pesantren Al-Ittihad, Jl. Raya Telaga Indah Lembung Timur, Lenteng Sumenep, Ahad (12/12/2021).

 

“Total sementara yang dibawa ke Lumajang Rp93.956.900,- dan sejumlah logistik yang berasal dari warga NU,” katanya.

 

Menurut Kiai Pandji, jumlah logistik yang datang dari berbagai relawan sangat banyak. Namun bantuan yang berbentuk uang, diharapkan pemerintah atau petugas untuk digunakan kepada hal-hal yang bersifat esensial. Misalnya, memperbaiki rumah, masjid, madrasah, dan lainnya.

 

“Saat ini kami menginstruksikan kepada Wakil Ketua PCNU Sumenep, KH Yusuf Efendi untuk mengawal bantuan tersebut agar digunakan sebagaimana mestinya,” tuturnya.

 

Geliat di Kediri
Beberapa relawan dari Pimpinan Anak Cabang(PAC) Pagar Nusa di Kabupaten Kediri kompak adakan galang dana untuk korban erupsi dari gunung semeru di Lumajang.

 

M Ade Fahreza Nazarudin selaku Ketua PAC PN Ngadiluwih bahwa kegiatan galang dana untuk meringankan korban bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang.

 

"Penggalangan dana dilakukan pukul 15.00 WIB sampai menjelang maghrib," katanya.

 

Pengurus Pondok Pesantren Banin Banat Badal Ngadiluwih menambahkan Pagar Nusa harus selalu ada dan siap untuk masyarakat. Menjadi garda terdepan bukan cuma untuk Nahdlatul Ulama juga masyarakat. 


"Semoga menjadi pemantik dan semangat bagi Pagar Nusa di wilayah lain wabilkhusus wilayah Kediri agar ikut serta terjun, bergerak meringankan korban letusan Gunung Semeru," harapnya.

 

Siswato selaku koordinator lapangan penggalang dana menuturkan jika hasil sementara di wilayah Kandangan dan Kepung mendapatkan Rp, 1.550.000,00 sedangkan di Papar terkumpul Rp, 2.512.000,00 juga Kecamatan Pare dan Kepung Rp, 2.239.800,00.

 

"Inssaallah masih berlanjut besok,” katanya.

 

Siswanti berharap dari hasil pengumpulan donasi ini bisa bermanfaat bagi saudara yang terkena musibah erupsi Semeru Lumajang.

 

"Semoga saudara kita yang di sana diberi ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi cobaan musibah ini," harapnya.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Madura Terbaru