• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Madura

Gelar Atraksi, Seribu Pendekar Pagar Nusa Bangkalan Siap Bela Kiai

Gelar Atraksi, Seribu Pendekar Pagar Nusa Bangkalan Siap Bela Kiai
Seribu pasukan Pagar Nusa di Lapangan Klowangan Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan. (Foto: NOJ/A Hafidi)
Seribu pasukan Pagar Nusa di Lapangan Klowangan Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan. (Foto: NOJ/A Hafidi)

Bangkalan, NU Online Jatim

Dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan hari lahir atau harlah ke-97 Nahdlatul Ulama (NU), Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Bangkalan, Jawa Timur menggelar atraksi. Hal tersebut sebagai komitmen membela serta turut berpartisipasi menunjukkan kesetiaan mengawal dan membela kehormatan kiai dan organisasi.

 

Penegasan tersebut disampaikan Ketua PC PSNU Pagar Nusa Bangkalan, KH Agus Hafas Asmuni saat menghadiri atraksi seribu pendekar Pagar Nusa, Ahad (15/3). Partisipasi tersebut dalam rangka turut serta memeriahkan harlah NU yang berlangsung di di Lapangan Klowangan Kecamatan Tanah Merah.

 

"Kehadiran kami di sini dalam rangka berolahraga meregangkan otot, juga bagian dari partisipasi dalam memeriahkan harlah NU," kata kiai pendekar yang akrab disapa Gus Hafas ini.

 

Dalam pandangan Gus Hafas, Pagar Nusa sejak dulu selalu setia dan siap sedia untuk mengawal dan membela kiai.

 

Gus Hafas berpesan, kendati memiliki keterampilan bela diri diharapkan para pendekar tetap menjaga sikap dan akhlak untuk tidak jumawa.

 

"Apapun yang terjadi jangan sampai bertindak di luar kendali, tetap patuh dan satu komando terhadap titah kiai,” pesannya.

 

Dalam pandangannya, ketaatan dalam satu komando tersebut sudah biasa dilakukan dan menjadi standar operasional prosedur Pagar Nusa dalam setiap momen pengawalan.

 

Apalagi pada kegiatan tersebut ada banyak kiai yang akan hadir di antaranya KH Marzuki Mustamar, KH Abdussalam Shohib, KH Ahmad Muwafiq, beserta jajaran pengurus NU Bangkalan.

 

Di akhir pernyataannya, Gus Hafas berharap semoga rangkaian harlah yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan ini berjalan dengan lancar, aman dan terkendali.

 

Kontributor: Abdullah Hafidi

Editor: Syaifullah


Editor:

Madura Terbaru