• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Madura

PKL Literacy Center LTNNU Jatim, Sapa Zona Madura Raya

PKL Literacy Center LTNNU Jatim, Sapa Zona Madura Raya
Flyer PKL LTNNU Jatim. (Foto: NOJ/Firdausi)
Flyer PKL LTNNU Jatim. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Literacy Center sebagai unit kerja Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta'lif wan-Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jawa Timur yang bergerak di bidang edukasi dan penguatan literasi akan menghelat Pelatihan Kader Literasi (PKL) Zona Madura Raya yang dipusatkan di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan, Sabtu (26/11/2022).

 

Mukani, Ketua Literacy Center PW LTNNU Jawa Timur menjelaskan, pelatihan ini untuk mendorong tradisi jurnalistik pada pengurus NU dan generasi milenial. Baginya, kehadirannya di seluruh zona akan memberi konstribusi dan karya nyata dalam mengcover biografi tokoh NU.

 

"Pasca PKL akan ada Rencana Tindak Lanjut (RTL), yaitu peserta akan menulis biografi singkat para kiai atau ibu nyai dengan gaya feature. Hasilnya akan diterbitkan oleh LTN Pustaka setelah rangkaian PKL di semua zona selesai. Diperkirakan pertengahan 2023 buku antologi kiai dan ibu sudah terbit," ujarnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Rabu (23/11/2022).

 

Untuk zona Madura Raya, lanjutnya, merupakan pelatihan yang keempat. Karena sebelumnya telah melaksanakan di zona Pantura yang bertempat di Universitas Islam Darul Ulum (UNISDA) Lamongan (13-14/08/2022), zona Matraman di masjid Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo (10/09/2022), zona Kediri Raya di Pondok Pesantren Hidayatullah Mubtadi'in Ngunut Tulungagung (29/10/2022).

 

Dikatakan, selama mengikuti pelatihan, peserta akan mendapat materi dari narasumber ternama, yaitu Wasid Mansur Dosen Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Rijal Muzaqqiq Rektor Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyah (Inaifas) Kencong Jember dan Direktur Penerbit Imtiyaz Surabaya.

 

Selain itu, pemateri datang dari Pemimpin Redaksi (Pemred) Aula dan NU Online Jatim Syaifullah Ibnu Nawawi, Redaktur mediamerahputih.id Ayunda Rahmawati, dan Pemred jatim.vivanews.com Nur Faishal.

 

"Seluruh peserta tidak dipungut biaya atau gratis dan disiapkan penginapan bagi yang membutuhkan," tandasnya.

 

Diketahui, zona Madura Raya peserta PKL diikuti oleh 33 perguruan tinggi dan LTNNU Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kangean, Masalembu, Bawean.


Madura Terbaru