• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Kesaksian atas Kepergian Pengampu NU Online versi Bahasa Inggris

Kesaksian atas Kepergian Pengampu NU Online versi Bahasa Inggris
Almarhum Masdar alias Mas Darto (kanan) bersama Winarto Eka Wahyudi. (Foto: NOJ/FB)
Almarhum Masdar alias Mas Darto (kanan) bersama Winarto Eka Wahyudi. (Foto: NOJ/FB)

Surabaya, NU Online Jatim
Duka kembali menyelimuti warga Nahdlatul Ulama. Redaktur senior NU Online, Sudarto Murtaufiq meninggal dunia pada Senin (07/02/2022) di Lamongan. Innalillahi wainna ilaihi rajiun.
 

“Intelektual NU yang humble dan cerdas Sudarto Murtaufiq baru saja wafat. Kepergiannya sontak mengagetkan banyak kolega,” kata Winarto Eka Wahyudi di akun Facebooknya, Selasa (08/02/2022). 
 

Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Lakpesdam NU Kabupaten Lamongan tersebut mengemukakan bahwa Sabtu kemarin duduk bareng dan menggelar rapat program studi untuk mempersiapkan perkuliahan awal semester. 
 

“Sebelumnya juga keluar bersama untuk pergi makan siang. Tak dinyana itu adalah interaksi terakhir,” kata Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jawa Timur tersebut..
 

Dikemukakan Eka, saat mau pamit pulang, sempat menyapa dan berharap; “Pak, disertasine ndang diselesaikan. Biar saya punya teman bekerja di Pascasarjana Unisla,” katanya.
 

Pertanyaan tersebut dijawab dengan mantap. “Ya pak, Juni besok saya harus lulus,” jawabnya.
 

Disampaikan Eka, selama mengenal dan berinteraksi dengan almarhum, tak ada satu katapun yang pernah menyinggung. “Sudarto cerdas, namun tidak pernah menggurui, ia penuh pengalaman tapi tak pernah jumawa,” aku Eka. 
 

Namanya melekat pada NU Online versi bahasa Inggris, karena dialah yang menerjemahkan. Masdar alias mas Darto, begitulah nama yang dipakai sebagai translator NU Online. 
 

“Dua tahun lalu, kami punya project bersama untuk menyusun raperda dan naskah akademik tentang pesantren di Kabupaten Lamongan. Kinerjanya bagus, etosnya keren, dan yang menjadi karakternya, intonasi dan gaya bicaranya tegas dan kaya referensi,” ungkapnya.
 

“Tak ada kenangan lain kecuali hanya jejak kebaikan. Selamat jalan Pak Darto, kebaikanmu mengabadi, husnul khatimah,” tutup Eka.
 

Sebagai upaya menyampaikan belasungkawa kepada istri dan ketiga anak almarhum, NU Online mengajak sahabat, saudara, untuk menyisihkan rezeki memberikan donasi kepada keluarga almarhum.


Donasi dikirimkan melalui rekening: BRI a.n Achmad Mukafi Niam dengan nomor rekening: 0335-0104-8857-509 (Pemred NU Online). Dan mohon konfirmasi donasi ke admin NU Online  (Umi) +62 859-6313-3131.


Metropolis Terbaru