• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Tapal Kuda

Webinar UIN Khas Jember, Pemred NU Online Jatim Berbagi Cara Optimalkan Medsos

Webinar UIN Khas Jember, Pemred NU Online Jatim Berbagi Cara Optimalkan Medsos
Tangkapan layar webinar yang diadakan PKPT IPNU-IPPNU UIN Khas Jember, Sabtu (04/12/2021). (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim).
Tangkapan layar webinar yang diadakan PKPT IPNU-IPPNU UIN Khas Jember, Sabtu (04/12/2021). (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim).

Jember, NU Online Jatim                                

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Islam Negeri (UIN) KH Achmad Shidiq (Khas) Jember menggelar webinar, Sabtu (04/12/2021).

 

Kegiatan yang mengusung tema ‘Optimalisasi Media Sosial Terhadap Eksistensi Organisasi’ ini menghadirkan Syaifullah Ibnu Nawawi, Pemimpin Redaksi (Pemred) NU Online Jatim sebagai salah satu narasumber.

 

Kepada ratusan peserta yang ikut melalui zoom meeting itu, Syaifullah menyampaikan bahwa dalam meningkatkan eksistensi serta keberlangsungan media sosial suatu organisasi hendaknya menjaga konsistensi memosting dan menyebarkan konten.

 

“Sehingga bisa meningkatkan jumlah followers pada media sosial yang dimiliki oleh PKPT UIN Khas Jember,” katanya.

 

Dalam kesempatan itu, Syaifullah juga memberikan contoh pengelolaan efektif NU Online Jatim yang merupakan website resmi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Berkat konsistensi akhirnya NU Online menjadi rujukan para pembaca.

 

Ia juga memaparkan bahwa dalam upaya pengelolaan website atau media sosial yang sudah terbentuk jangan menggunakan kaca mata kuda. Dalam artian harus melihat berapa jumlah repost yang ada, responsive-nya, serta dinamika komentar setelah postingan tersebut terbit.

 

“Dan kita harus melihat kebutuhan publik apa saja yang sedang dibicarakan oleh banyak orang sehingga konten-konten tersebut mudah untuk diakses yang nantinya dapat meningkatkan followers pada akun medsos yang kita punya,” tandasnya.

 

Syaifullah juga memberikan saran dalam penyediaan konten-konten keagamaan dan keislaman harus memiliki nilai pesan penting sehingga pembaca bisa puas setelah menyerap informasi yang disajikan.

 

“Intinya dari sisi istiqamah, dan pengelolaan media sosial pastikan tidak berjalan sendiri. Dan pastikan ada tim khusus konten sambil melihat trending topik yang sering dibahas. Setiap hari pastikan harus professional dan istiqamah dalam memberikan konten di medsos dalam bentuk informasi, meme, ataupun postingan menarik bagi orang lain,” lanjutnya.

 

 

Kegiatan ini menghadirkan beberapa keynote speaker dan pemateri lainnya. Yaitu Wakil Rektor III UIN Khas Jember Hefni Zein, Muhammad Zaka Ardiansyah Pembina PKPT IPNU-IPPNU UIN Khas Jember, serta Muhammad Syakir Niamillah Fiza selaku Direktur LPP Pimpinan Pusat (PP) IPNU.

 

Editor: Romza

 

 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru