• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Jujugan

Peserta Rakornas LKPT IPNU Bisa Coba, Ini Sederet Kuliner dan Wisata di Tulungagung

Peserta Rakornas LKPT IPNU Bisa Coba, Ini Sederet Kuliner dan Wisata di Tulungagung
Nagkula Park Tulungagung. Foto: Istimewa
Nagkula Park Tulungagung. Foto: Istimewa

Tulungagung, NU Online Jatim

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Komisariat Perguruan Tinggi (LKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (Satu) Kabupaten Tulungagung pada 3 dan 4 Desember 2021.

 

Para peserta Rakornas LKPT IPNU yang tidak ingin melewatkan kesempatan bisa menjelajah sejumlah lokasi favorit di kota marmer. Termasuk bisa menikmati sajian kulinernya.

 

Di Kabupaten Tulungagung, para kader IPNU dari penjuru Indonesia yang menjadi peserta bisa menikmati kuliner istimewa yang khas yaitu Lodho. Makanan khas dengan bahan utama ayam kampung tersebut bisa ditemukan di sekitar kampus UIN Satu. Atau juga bisa order via aplikasi ojek online.

 

Selain makanan, ada juga minuman yang menjadi ikon Kabupaten Tulungagung, yakni Kopi Ijo. Hampir seluruh warung kopi yang ada di sekitar kampus menyediakan Kopi Ijo. Jika ingin merasakan Kopi Ijo yang spesial, bisa datang langsung ke Warung Kopi Waris.

 

Warung kopi tersebut, berdekatan dengan makam Syekh Basyarudin. Jadi, wisata kuliner bisa sekalian wisata religi.

 

Bukit Perkemahan Walikukun yang dikelola oleh Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan Ma'arif Kabupaten Tulungagung juga bisa menjadi alternatif wisata alam untuk para peserta Rakornas LKPT IPNU guna melepas penat. Walikukun menyuguhkan pohon-pohon yang rindang di antara perbukitan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan dari gazebo yang telah disediakan pengelola.

 

Ada juga Taman Nangkula Park yang hanya berjarak 9 KM dari kampus UIN Satu. Di taman tersebut, pengunjung bisa menikmati indahnya taman bunga, udara segar persawahan dan pemandangan gunung.

 

Di Kabupaten Tulungagung juga terdapat beberapa pantai yang instagramable untuk dikunjungi para peserta. Diantaranya yaitu Pantai Gemah, Pantai Pacar, Pantai Klatak, Pantai Popoh, Pantai Sanggar dan masih banyak lagi. Akan tetapi, hanya Pantai Gemah, Pantai Popoh dan Pantai Klatak yang recomended untuk dikunjungi karena memiliki akses jalan yang mudah.

 

Saat pulang, jangan lupa untuk mampir di toko oleh-oleh khas Kabupaten Tulungagung. Ada kerupuk rambak, jenang sabun, kacang shanghai, ledre pisang, dan enting-enting kacang. Semua jenis oleh-oleh tersebut memiliki cita rasa yang khas. Harganya bervariasi, tapi tidak bakal membuat kantong ludes isinya.

 

 

Jadi, buat Anda yang menjadi peserta Rakornas LKPT IPNU sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner dan wisata di Kabupaten Tulungagung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Editor: Romza

 

 


Editor:

Jujugan Terbaru