• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 23 Januari 2022

Jujugan

Ranu Gumbolo Tulungagung, Pesonanya Mirip yang di Bromo Tengger Semeru

Ranu Gumbolo Tulungagung, Pesonanya Mirip yang di Bromo Tengger Semeru
Pesona pemandangan Ranu Gumbolo Tulungagung. (Foto: NOJ/Yulia NH)
Pesona pemandangan Ranu Gumbolo Tulungagung. (Foto: NOJ/Yulia NH)

Tulungagung, NU Online Jatim

Nama Ranu Gumbolo di Tulungagung ini memang terinspirasi dari Ranu Kumbolo di Bromo Tengger. Jadi, ini memang salah satu tempat wisata di Tulungagung yang namanya mirip dengan danau di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

 

Ranu Gumbolo Tulungagung ini tidak cuma mirip namanya saja, tapi keindahannya pun tak kalah cantik.

 

Sebab, di lokasi ini ada kemiripan hutan pinus, air hijau dan suasana segar yang menenangkan. Pepohonan yang berdiri tegak kokoh membuat pemandangan semakin elok. Keasrian alami itu semakin menjadi daya tarik para wisatawan.

 

“Kedua wisata danau tersebut hampir sama kalau difoto. Hanya saja, Ranu Gumbolo Tulungagung ini mudah untuk dikunjungi,” kata Asmaul Khusna, salah satu pengunjung.

 

Objek wisata ini sudah diresmikan sebagai daerah wisata sejak 2016 yang beralamat di Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung.

 

“Tempatnya yang sejuk dengan nuansa angin semilir enak untuk bersantai dengan menikmati indahnya alam yang ada di sekitar. Tempat ini cocok sekali untuk wisata keluarga maupun dengan teman-teman,” ujar Khusna.

 

Beberapa spot yang instagramable di Ranu Gumbolo Tulungagung ini adalah spot foto rumah pohon, karena di situ pengunjung bisa dengan leluasa melihat pemandangan alam Ranu Gumbolo dengan bebas di atas.

 

Ranu Gumbolo bisa menjadi destinasi tepat bagi wisatwan yang suka memancing. Danau di Tulungagung ini seringkali menjadi lokasi memancing warga lokal maupun wisatawan.

 

Ada banyak jenis ikan yang bisa di pancing, seperti ikan nila, lele, hingga mujair. Jika berniat memancing di danau ini, sebaiknya membawa alat pancing sendiri karena belum tersedia penyewaan di sekitar lokasi. 

 

Jadi, selain liburan ke Ranu Gumbolo Tulungagung, bisa juga sekalian mampir ke Bendungan Wonorejo yang hanya berjarak 10 menit. 

 

 

“Kemarin saya juga gitu, mumpung tempatnya dekat jadi nggak rugi. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampui,” pungkasnya.


Editor:

Jujugan Terbaru