• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 23 Mei 2024

Malang Raya

1 ABAD NU

1000 Meter Bendera Raksasa NU Kota Batu Pecahkan Rekor Muri di 1 Abad

1000 Meter Bendera Raksasa NU Kota Batu Pecahkan Rekor Muri di 1 Abad
1000 meter bendera NU raksasa dibentangkan di jalur pendakian Curah Banteng, Gunung Panderman. (Foto: NOJ/Ist)
1000 meter bendera NU raksasa dibentangkan di jalur pendakian Curah Banteng, Gunung Panderman. (Foto: NOJ/Ist)

Batu, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu menggelar apel pemberangkatan tim ekspedisi pembentangan bendera NU raksasa, Ahad (05/02/2023). Acara yang dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bustanul Ulum, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu tersebut turut dihadiri oleh tim Muri Indonesia.


Seratus tim pendaki yang terdiri dari anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan perwakilan Badan Otonom (Banom) NU diberangkatkan untuk membawa bendera tersebut ke jalur pendakian Curah Banteng, Gunung Panderman.


Ketua pelaksana Resepsi 1 Abad NU Kota Batu, Gus Fathul Yasin mengatakan, bendera raksasa tersebut akan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia atau Muri karena menjadi bendera organisasi pertama yang dibentangkan dengan panjang 1000 meter dan berat sekitar 200 kg.


"Belum ada pengibaran bendera organisasi sebesar itu, kami sudah konfirmasi ke Muri," ujarnya.


Menariknya, logo Nahdlatul Ulama yang tercetak di bendera tersebut tidak di sablon dengan mesin, melainkan dilukis secara manual oleh sejumlah pelukis dari Galeri Raos Kota Batu. Gus Yasin menyampaikan besarnya antusiasme para pegiat seni tersebut untuk turut serta memeriahkan Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU.


"Mereka ikut merasa memiliki NU sehingga ketika kami bilang bendera ini tidak mungkin di sablon, karena ukurannya yang besar. Mereka langsung berinisiatif untuk melukisnya dan hanya meminta disediakan kain," ungkapnya.


Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengingatkan kepada para Nahdliyin untuk tidak melupakan makna logo NU yang tergambar dalam bendera. Gambar dunia dan peta Indonesia menjadi tanda bahwa NU berada di seluruh golongan.


"Ini menjadi penyemangat untuk terus mensyiarkan agama Islam dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya mengibarkan benderanya, tapi juga mengibarkan dakwah NU di seluruh wilayah Indonesia," pesannya.


Dalam pantauan NU Online Jatim, pemberangkatan tim ekspedisi pembentangan bendera ke Gunung Panderman juga disemarakkan oleh hadrah terbang jidor dari Desa Pesanggrahan, kirab panji-panji NU, dan juga pawai seluruh siswa-siswi MI Bustanul Ulum yang masing-masing membawa bendera merah putih dan bendera NU berukuran kecil.


Sebagai informasi, tim Muri menyerahkan piagam penghargaan pada Ahad sore setelah tim ekspedisi turun dari Gunung Panderman.


Malang Raya Terbaru