• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Malang Raya

15 Anggota Sako Pramuka Ma'arif NU Kabupaten Malang ikuti Dianpinsa

15 Anggota Sako Pramuka Ma'arif NU Kabupaten Malang ikuti Dianpinsa
15 anggota Sako Pramuka Maarif NU Kabupaten Malang yang didelegasikan untuk ikut Dianpinsa. (Foto: NOJ/Moch. Miftachur Rizki)
15 anggota Sako Pramuka Maarif NU Kabupaten Malang yang didelegasikan untuk ikut Dianpinsa. (Foto: NOJ/Moch. Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Malang turut andil dalam Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsa) Pramuka Penegak yang diadakan oleh Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma'arif NU Jawa Timur di Pondok Pesantren Pitutur, Tutur, Kabupaten Pasuruan, Ahad (30/01/2022) hingga Selasa (01/02/2022).

 

Sebanyak 15 anggota Dewan Ambalan Pramuka Penegak yang berasal dari dua lembaga dikirim untuk mengikuti perlombaan. Dua lembaga yang terpilih untuk mengirim pasukannya untuk mewakili Sako Pramuka Ma'arif NU Kabupaten Malang dalam rangka mengikuti Dianpinsa itu ialah SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo dan MA Al Ittihad Poncokusumo.

 

Abdul Malik Karim Amrullah, Ketua LP Ma'arif NU Kabupaten Malang, mengatakan bahwa Sako Pramuka Ma'arif NU Kabupaten Malang yang mengikuti Dianpinsa diharapkan bisa meningkatkan kualitas anggota Sako Pramuka Ma'arif NU Kabupaten Malang.

 

"Tentunya, dengan mengirimkan pasukan Pramuka Penegak Ma'arif NU Kabupaten Malang ini kami berharap muncul kader-kader yang militan serta mampu mengembangkan kualitas dari Pramuka Penegak dalam naungan Ma'arif NU Kabupaten Malang," kata Amka, sapaan akrabnya.

 

Sementara itu, Ribut Iswanto selaku Sekretaris Sako Pramuka Ma'arif NU Kabupaten Malang mengungkapkan bahwa keikutsertaan Pramuka Penegak Ma'arif NU Kabupaten Malang pada Dianpinsa dapat digunakan untuk mencari pengalaman, belajar pengelolaan administrasi satuan, serta penanaman nasionalisme.

 

"Semoga kegiatan ini dapat membekali adik-adik kami dalam berproses menjadi anggota Pramuka. Selain itu, saya berharap selepas mengikuti kegiatan ini adik-adik bisa lebih aktif dan sukses dalam pengelolaan di masing-masing satuannya," tutur Ribut.

 

Sebagai informasi, kegiatan Dianpinsa diikuti sekitar 200 an delegasi dari Sako Pramuka Ma'arif NU se  Jawa Timur. Beberapa materi yang didapatkan oleh peserta, di antaranya Positive Mental Attitude (PMA), Pancasila, Kepramukaan, Administrasi Sangga, SAR Darat Penanganan Bencana dan Pascabencana, serta beberapa materi lainnya.


Malang Raya Terbaru