• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Pantura

LP Maarif NU Jatim Gelar Program Kolaboratif Bentuk Karakter Siswa

LP Maarif NU Jatim Gelar Program Kolaboratif Bentuk Karakter Siswa
Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

Lamongan, NU Online Jatim

Guna menciptakan anak didik yang berkarakter, Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Timur bersama Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menggelar program penguatan karakter dan keterampilan.

 

Kegiatan yang juga dilakukan bersama Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia Kemitraan Australia Indonesia (Inovasi) Jawa Timur ini dihelat di dua tempat, yakni di Kabupaten Sidoarjo dan di MI Mamba’ul Ma’arif Paciran, Lamongan, Senin (07/06/2021).

 

Dengan mengusung tema ‘Karakter dan Keterampilan Abad XXI sebagai Penerapan Profil Pancasila melalui Pembentukan Simpul-Simpul Perubahan pada Madrasah Ibtidaiyah’, kegiatan ini diikuti sedikitnya enam Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Sidoarjo dan tujuh MI di Kabupaten Lamongan.

 

Pengurus Wilayah LP Ma'arif NU Jawa Timur, Sunan Fanani mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan di dua tempat ialah untuk mengetahui berbagai karakter anak didik di dua tempat yang berbeda.

 

“Satu di Paciran dengan karakter masyarakat pesisir dan di Sidoarjo dengan kultur masyarakat perkotaan. Dalam menyikapi keduanya perlu dilakukan dengan cara yang berbeda,” paparnya dilansir kominfo.jatimprov.go.id.

 

Pihaknya pun mengapresiasi program kerja sama tersebut. Menurutnya, dalam pembentukan karakter memang dibutuhkan kolaborasi yang kuat antar banyak elemen.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program yang akan berlangsung selama tujuh bulan ke depan ini,” imbuhnya via zoom meeting.

 

Dekan FIB Unair Surabaya, Purnawan Basundoro juga mengatakan melalui zoom, bahwa pihaknya menyambut baik program tersebut. Pasalnya, dalam proses pendidikan hal yang paling penting adalah karakter.

 

“Jika hal itu sudah mendarah daging dalam jiwa anak didik kita, maka tantangan masa depan bisa dihadapi dengan sigap,” ungkapnya.

 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Andri Budi, perwakilan dari Inovasi Jawa Timur. Dirinya mengatakan, proses pembelajaran karakter dan keterampilan perlu untuk terus ditingkatkan. Mengingat tantangan masa depan kian membutuhkan sumber daya yang kuat dalam bidang karakter dan keterampilan.

 

“Untuk itu, Inovasi bersama FIB Unair dan LP Ma’arif Jatim menyelenggarakan program ini dengan harapan tercipta siswa yang inovatif dan memiliki karakter yang unggul,” pungkasnya.


Pantura Terbaru